.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN ENDE BERI ARAHAN KEPADA 54 KEPALA SEKOLAH BARU

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende Matildis Mensi Tiwe, SE, M. Akt, adakan pengarahan kepada 54 Kepala Sekolah, yang terdiri dari 22 Kepala Sekolah SMP dan 32 Kepala Sekolah SD, sesaat setelah diangkat secara resmi oleh Bupati Ende di Ruang Garuda Kantor Bupati Ende, kamis (30/09-2021).

 

Didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP - Yanuarius Mari, SH dan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pendidik - Fransiska Tea, S.Sos, pengarahan ini dimaksud sebagai bekal dan motivasi bagi kepala sekolah yang baru atau yang ditempatkan di tempat kerja yang baru.

 

Kadis Matildis menyampaikan bahwa perpindahan dari tempat lama ke tempat yg baru adalah hal yg lumrah sebagai Aparatur sipil Negara (ASN) yang siap ditempatkan dan mengabdi dimana saja. Perpindahan juga untuk menjawab pemenuhan kebutuhan dan kepentingan organisasi satuan pendidikan yang sudah di petakkan secara matang oleh pihaknya.

 

"kami sudah memperhatikkan sebagai tataran manajemen, kebutuhan standart serta sekolah serta arah kebutuhan satuan pendidikan"jelasnya

 

Setelah adanya pengangkatan baru ini, menurut Kadis Matildis, bukan berarti melupakan atau melepaskan tanggung jawab terhadap penyelesaian tugas pekerjaan pada tempat yang lama, terlebih kedepannya ini akan ada beberapa agenda penting yang harus dilaksankan, yaitu asesemen untuk tingkat SMP dan persiapan bagi Sekolah Dasar yang belum terkareditasi.

 

Meneruskan harapan Bupati Ende sebelumnya, Matildis menegaskan kembali bahwa Sekolah terutama Guru, tenaga pendidik, terkhusus Kepala Sekolah berkewajiban memberikan semangat kepada anak didik agar mendapat kenyamanan psikologis ketika belajar di sekolah pada situasi pandemi covid -19 ini, mengingat hampir 2 tahun tidak diadakan proses belajar mengajar secara tatap muka.

 

Matildis menyampaikan lebih lanjut kepada kepala sekolah informasi strategis dalam dunia pendidikan tentang merdeka belajar, yang salah satu implementasinya adalah kesiapan sumber daya tenaga pendidik juga kepala satuan pendidikan, yakni menjadi guru penggerak atau kepala sekolah penggerak dengan kriteria yang ditetapkan. Untuk saat ini untuk Kabupaten Ende sudah sampai kepada tahap seleksinya.

 

"kondisi sekarang kita dalam masa transformasi dari kebiasaan yang konvensional, dalam arti guru konvensional dengan sekolah konvensional, yang kemudian akan dinaikkan grade-nya ke standarisasi guru penggerak sebagai implementasi program merdeka belajar, kita tidak bisa lagi mundur karena kita sudah berada pada era kompetitif" tegasnya.

 

Sementara itu untuk menjaga agar estafet pendidikan di Kabupaten Ende tetap berkesinambungan, Matildis meminta kepala sekolah sebagai guru senior mendorong dan memotivasi para tenaga pendidik junior yang memiliki kemampuan yang baik, mengingat tuntutan standarisasi dunia pendidikan yang semakin maju dan berkembang.

 

"Selamat bertugas, selamat menjalankan tugas kita sebagai pelita untuk anak bangsa" pesan Matildis pada akhir arahannya.

 

Untuk informasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende membuka pendaftaran bagi sekolah - sekolah untuk menjadi sekolah penggerak dengan pembagian kuota PAUD sebanyak 3 sekolah, SD sebanyak 6 sekolah dan SMP sebanyak 1 sekolah. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 01 sampai dengan 02 Oktober 2021, bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Ende.

(Yu2N/Diskominfo)

Addthis
You are here