.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PEMDA ENDE TERAPKAN PPKM

Pemerintah Daerah Kabupaten Ende telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun apabila jumlah pasien Covid di daerah telah mencapai 750 atau 1000 orang maka akan dibicarakan bersama dengan semua komponen perangkat daerah baik itu TNI dan Polri guna diberlakukan PPKM darurat.

 

Bupati Ende, H. Djafar Achmad, mengatakan hal itu pada saat menerima audience sejumlah elemen mahasiswa di Kota Ende di Aula utama Dinas P dan K Ende, Senin (5/7/2021).

 

Terkait dengan dengan pemberlakuan PPKM, Bupati Djafar mengatakan saat ini, tim anggaran sedang menghitung guna mengantisipasi penggunaan anggaran apabila memang jadi diberlakukan PPKM darurat di Kabupaten Ende.

 

Dalam kegiatan audience yang dihadiri oleh elemen mahasiswa dari PMKRI dan HMI Cabang Ende, Bupati Djafar mengatakan bahwa Pemda Ende akan memberlakukan PPKM darurat apabila kasusnya terus melonjak hingga mencapai 1000 kasus. Hal ini semata-mata dimaksudkan sebagai upaya untuk menyelamatkan masyarakat dan menekan penyebaran virus covid 19 di Kabupaten Ende.

 

Menurut Bupati Djafar apabila kondisi terus memburuk dengan penambahan jumlah kasus positif covid meningkat, Pemerintah sudah menyiapkan tiga skenario penanganannya.

 

Untuk saat ini pemerintah masih menjalankan skenario pertama dan kedua yaitu operasi atau razia dan isolasi terpusat. Jika kasus menunjukan peningkatan dan mencapai angka 1.000 maka akan diberlakukan skenario ketiga yaitu PPKM darurat,ujar Bupati Djafar.

 

Mengenai dana saat ini tim anggaran sedang melakukan perhitungan jika diberlakukan PPKM darurat. Pemda akan berkoordinasi dengan DPRD, pihak Kepolisian, Kejaksaan soal penggunaan anggaran.

 

Tentang penanganan covid di Kabupaten Ende, Bupati Djafar menjelaskan bahwa saat ini camat dan lurah maupun kepala puskesmas sedang memverifikasi data pasien yang positif covid dimasing-masing wilayah khususnya di dalam kota Ende.

 

“Pasien yang positif akan dievakuasi petugas ke stadion Marilonga untuk menjalani masa isolasi terpusat,” ujar Bupati Djafar.

 

Dalam kesempatan itu Bupati Djafar menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para mahasiswa yang datang melakukan audience dengan pemerintah terkait dengan penanganan covid.

 

Bupati Djafar tidak alergi dengan kritikan dari mahasiswa namun demikian kritikan yang diberikan harus konstruktif sebagai bahan masukan kepada pemerintah. (ria Prokopim).

Addthis
You are here