.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PEMDA ENDE BERI APRESIASI PENULISAN PONDOK BUKU LITERASI PANCASILA

Pemda Ende memberikan apresiasi kepada Dosen STKIP Simbosis Ende, Aloysius Kelen yang telah menulis buku Pondok Literasi Pancasila karena dengan demikian yang bersangkutan telah menaruh kepedulian dan berupaya memperkenalkan nilai – nilai luhur Pancasila secara lebih detail dan mendalam kepada masyarakat luas.

 

Hal ini dikatakan Bupati Ende, Drs. H Djafar H. Achmad dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Ende, Abraham Badu, M.Si pada acara pembukaan kegiatan bedah buku Pondok Literasi Pancasila, di Aula Dinas P dan K Jalan Soekarno, Senin (3/5/2021).

 

“Saya sangat yakin penulisan buku ini tentunya melalui sebuah perenungan yang luar biasa dan ada pesan tersendiri yang mau disampaikan melalui kehadiran buku ini,”kata Bupati Djafar

 

Dikatakan secara tidak langsung kehadiran buku tersebut tentunya mau mengingatkan masyarakat Ende bahwa sebagai bagian dari sejarah bangsa, dimana dari persada Bung Karno mendapat ilham tentang Pancasila maka masyarakat Ende harus menjadikan Pancasila sebagai rumah sendiri, artinya nilai – nilai luhur Pancasila harus melekat kuat pada setiap warga masyarakat Ende.

 

“Seperti kita ketahui bersama bahwa sesuai penuturan Bung Karno, bahwa ilham tentang Pancasila ini terlahir setelah dirinya melihat dan menyaksikan secara langsung kehidupan masyarakat Kabupaten Ende yang beragam baik itu agama maupun budaya namun sangat kuat sikap toleransinya,”ujar Bupati Djafar.

 

Bupati Djafar berharap apa yang telah menjadi karakter masyarakat kita dalam hal toleransi hendaklah tetap dan selalu menjadi kekuatan, terutama dalam memfilter informasi – informasi sesat dan tidak bertanggung jawab yang mau mengadu domba masyarakat.

 

Terkait dengan kehadiran buku, Bupati Djafar berharap kehadiran buku tersebut akan semakin memperkuat dan memperkenalkan Kabupaten Ende sebagai tempat ditemukannya butir – butir Pancasila yang kemudian menjadi ideology bangsa sehingga slogan yang sering kita dengungkan pancasila rumah kita dari Ende untuk Indonesia semakin bergaung lebih luas dan menggema ke seluruh pelosok tanah air.

 

“Sekali lagi atas nama Pemerintah Kabupaten Ende, Saya menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Bapak Alo Kelen yang telah berinisiatif menulis buku ini, kiranya apa yang telah dirintis oleh Bapak Alo Kelen akan menginspirasi masyarakat lain khususnya generasi muda agar semakin mendalami dan memahami karakter Pancasila untuk kemudian menjadi pijakan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”kata Bupati Djafar

 

Kepala Dinas P dan K Kabupaten Ende, Mensi Tiwe mengatakan ditengah kondisi Pandemi Covid – 19 jajaran pendidik di Kabupaten Ende tidak pernah berhenti dalam pelayanan pendidikan.

 

Mensi mengatakan bahwa buku pondok literasi Pancasila adalah buku kedua yang berhasil di tulis oleh tenaga pendidik maupun siswa sendiri setelah tahun 2020, para siswa SMP dari beberapa sekolah salah satunya SMP Santa Ursula berhasil menulis buku dengan judul “Sahabat Kecil Bung Karno,”.(ria prokompim).

Addthis
You are here