.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

RSUD

Direktur RSUD

Rumah Sakit Umum  Daerah Ende merupakan Rumah Sakit milik Pemerintahan Kabupaten Ende, yang dibangun di atas  lahan seluas 40,314 m' dengan batas wilayah :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan           :  Jalan Sam Ratulangi
  • Sebelah Timur berbatasan dengan          :   Pemukiman Penduduk
  • Sebelah  barat berbatasan dengan           :  Kali/sungai kering
  • Sebelalah Selatan berbatasan dengan    :  Jl.Prof. Dr.WZ.Yohanes

Sebagai tempat pelayanan kesehatan tingkat lanjutan RSUD Ende  memiliki sarana/prasarana Pendukung yang tersedia antara lain;

  1. Instalasi Rawat Jalan terdiri dari ; Poliklinik Penyakit Dalam, Anak, Bedah, Kebidanan dan Kandungan, Gigi, Mata dan Fisioterapi.
  2. Instalasi Rawat Inap terdiri dari  : Ruang Perawatan Khusus, Penyakit Dalam, Penyakit Bedah; Ruang Perawatan Nifas, Anak, Kamar Bersalin, Paviliun, ICU, Perinatal.
  3. Instalasl Penunjang Medis terdiri dari : Bedah Sentral (OK), Radiologi, Laboratorium,Gizi, Oksigen Sentral, UGD, Bank Darah, Pemulasaran Jenazah, IPSRS dan Farmasi.

Adapun jenis pelayanan kesehatan pada RSUD Ende sebagai berikut :

a. Pelayanan Rawat jalan

b. Pelayanan Rawat Darurat

c. Pelayanan Rawat Inap

d. Pelayanan Tindakan Medik :

1. Tindakan Medik Operatif

2. Tindakan Medik Non Operatif

e. Pelayanan Persalinan :

1. Persalinan Normal.

2. Persalinan dengan. tindakan per vaginam

f. Pelayanan Penunjang Diagnostik :

1. Pemeriksaan Laboratorium Klinik,

2. Pemeriksaan radiognostik

3.Tindakan diagnostik elektromedik.

g. Pelayanan Farmasi

h. Pelayanan Rehabilitasi Medik

i.  Pelayanan Medik gigi dan Mulut

j.  Pelayanan Konsultasi Gizi

k. Pelayanan Medico - Legal

l.  Pelayanan Ambulance/mobil jenazah

m. Pelayanan Jenazah

n.  Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan

o.  Pelayanan pendidikan, pelatihan, dan penelitian

Tenaga Dokter Spesialis yang tersedia pada RSUD saat ini sebanyak 5 orang yakni terdiri dari : Dokter Spesialis Penyakit dalam, Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Dokter Spesialis Bedah dan Dokter Spesialis Mata.


RENCANA STRATEGIS RSUD ENDE

2009 – 2014


VISI DAN MISI RSUD ENDE

1. ViSi RSUD Ende :

"Menjadi Rumah Sakit Rujukan dan Pendidikan terbaik di Flores"

2. Misi RSUD Ende :

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan yang terjangkau oleh masyarakat yang dilandasi etik  profesi
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana / prasarana
  • Meningkatkan kesejahteraan karyawan

3. Tujuan Dan Sasaran

Tujuan

  • Meningkatnya kecepatan dan ketepatan penanganan
  • Meningkatnya Kepuasan dan kenyamanan penderita
  • Tersedianya kecukupan tenaga kesehatan sesuai dengan keahlian dan

Profesionalnya

  • Meningkatnya jumlah SDM yang memperoleh pendidikan dan pelatihan lanjutan
  • Tersedianya sarana peralatan dan gedung yang memadai
  • Tersedianya obat dan bahan habis pakai
  • Terpeliharanya sarana peralatan dan gedung secara periodik
  • Meningkatnya insentif karyawan baik dalam bentuk jaminan material/lion material dan fasilitas.

Sasaran :

  • Meningkatnaya mutu layanan  Rumah Sakit
  • Meningkatnya SDM keseha,tan sesuai profesi dan heahlian yang dibutuhkan
  • Kecukupan sarana dan prasarana
  • Meningkatnya insentif karyawan medis, paramedis dan non medis.

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

Strategi

Untuk mencapai dan mewujud visi dan misi Rumah Sakit Umum Daerah Ende pada tahun 2014 dan dengan merujuk pada Visi dan Misi  Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang telah ditetapkan, maka dalam periode 2009 - 20l4 dapat diternpuh strategi sebagai berikut :

  1. Mendekatkan pelayanan medis tingkat lanjutan yang terjangkau, dengan cara menjamin mutu dan ketersediaan tenaga spesialis dasar dan spesialis penunjang (Bedah, Anak, Penyakit Dalam, kebidanan/Kandungan, Mata, Patologi Klinik, Anestesi, Radiologi), sesuai dengan jumlah dan kualitas yang dibutuhkan. Menyediakan tenaga bidan trampil bagi pelayanan ibu dan bayi secara komprehensif Menyediakan tenaga perawat mahir penadamping spesialis. Menyiapkan tenaga penunjang medik (Laboraturium klinik, farmasi, rehabilitasi medik, gizi, elektromedik) dan non medik (sanitasi dan pengelola sampah, pengelola linen, pemelihara gedung) yang cekatan. Memberikan rasa kepuasan dan rasa nyaman kepada pasien dengan meningkatkan  etos kerja. Meningkatkan kualitas manajemen RS dan peluang pendapatan (tetap dan tidak  tetap) melalui kemitraan dengan lembaga pendidikan dan lembaga non pendidikan.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan dengan cara memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai nnendapatkan pendidikan dan latihan untuk kebutuhan manajemen, pelayanan dan pendidikan di rumah sakit.
  3. Menjamin mutu,, ketersedian dan terpeliharantya sarana, prasarana dan fasilitas penunjang pelayanan kesehatan, melalui pemanfaatan APBD, DAK dan /atau bantuan  pihak ketiga.
  4. Meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan cara perbaikan sistem remunerasi, menyediakan fasilitas yang memadai dan memberikan  jaminan rasa aman, nyaman serta perlindungan hukum melalui standar prosedur operasional yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kebijakan

Untuk mewujudkan tercapainya tujuan dan sasaran yang tertuang dalam Visi Rumah

Sakit Umum Daerah Ende, maka peran RS dalam penyelenggaraarn program/ kegiatan dilaksanakan berdasarkan pada arah dan kebijakan umum Kabupaten Ende sebagai berikut :

Peningkatan mutu1ayanan Rumab Sakit yang meliputi :

  • Peningkatan jumlah dan mutu tenaga medis dan penunjang medis
  • Penerapan dan pengembangan standar pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah  Ende
  • Peningkatkan  mutu  dan efektifitas manajemen pengelolaan Rumah Sakit

menuju pengembangan  status Rumah Sakit.

  • Pengembangan kemitraan dalam menbnghatkan kualitas pelayanan Kesehatan di Rumah  Sakit

1.  Peningkatan kualitas sumber daya kesehatan yang meliputi :

  • Peningkatan jumlah tenaga profesional medis dan non medis
  • Pemenuhan tenaga  pendidik.


2.  Kecukupan sarana dan prasarana di Rumah Sakit yang meliputi

  • Peningkatan jumlah dan mutu sarana/prasarana Rumah Sakit
  • Peningkatan pemeliharaan  dan pengawasan sarana/prasarana Rumah Sakit

3. Peningkatan Kesejahteraan karyawan yang meliputi :

  • Peningkatan insentif
  • Peninghatan fasilitas
  • Perlindungan hukum

PROGRAM DAN KEGIATAN

Dengan didasari pada visi, misi, tujuan dan sasaran, strategi dan kebijakan, maka Rumah Sakit Umum Daerah Ende dalam kurun Lima Tahun kedepan merencanakan program / kegiatan indikatif sebagai berikut:

  1. Program Kapasitas Peningkatan Sumber Daya Aparatur

Program ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan tenaga kesehatan baik jumlah maupun jenisnya sesuai keahlian dan profesional.

Kegiatan-kegiatan pokok dalam program ini :

  • Pendidikan dan Pelatihan Formal
  • Pendidikan dan pelatihan teknis

2.  Program Standarisasi Pelayanan Kesehatan

Program ini bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, menjadi rumah sakit yang Terakreditasi dan menjadi  Bahan Layanan Umum (BLU) sehingga dapat menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum guna efisien dan efektif dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan  di runah sakit.

Kegiatan - kegiatan pokok dalam program ini :

  • Penyusunan standar pelayanan kesehatan
  • Evaluasi dan pengembangan Standar Pelayanan Kesehatan
  • Persiapan dan legislasi menuju BLUD

3. Program Pengadaan, peningkatan sarana/prasarana Rumah Sakit

Program ini bertujuan untuk menjamin ketersedian sarana dan prasarana yang memadai  baik dari jumlah maupun jenisnya.

Kegiatan - kegiatan pokok dalam program ini  :

  • Pembangunan dan Pengembangan gedung RS
  • Pengadaan Kesehatan RS
  • Pengadaan peralatan penunjang medis.
  • Pengadaan perlengkapan Rumah Tangga Rumah Sakit.
  • Pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah cair dan limbah padat RS
  • Pengadaan Bahan - bahan  Logistik RS

4.  Program pemeliharaan sarana darn prasarana Rumah Sakit

Program ini bertujuan terpeliharanya sarana dan prasarana rumah sakit secara         runtin/berkala.

Kegiatan-kegiatan pokok dalam program ini :

  • Pemeliharaan rutin/berkala bangunan RS
  • Pemeliharaan rutin/berkala peralatan medis dan non medis
  • Pemeliharaan rutin/berkala lingkungan rumah sakit

5. Program Kemitraan Pelayanan Kesehatan

Program ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan pihak terkait (stakeholders) dalam meningkatkan pelayanan kesehatan rujukan.

Kegiatan-kegiatan pokok dalam program ini :

  • Kemitraan Asuransi Kesehatan Masyarakat
  • Kemitraan pengobatan bagi pasien kurang rnampu
  • Kemitraan ahli teknologi kedokteran dan kesehatan
  • Kemitraan Peningkatan kualitas dokter dan paramedic
  • Kemitraan dalam rangka pemenuhan tenaga dokter spesialis

6. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Program ini bertujuan untuk  menjamin ketersediaan kebutuhan administrasi  perkantoran  dan   penunjang pelayanan guna mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan.

Kegiatan-kegiatan pokok dalam program ini :

  • Penyediaan jasa dan sarana operasional kantor serta kebutuhan manajerial lainnya.

7. Program Peningkatan Disiplin Aparatur

Program ini bertujuan untuk menjamin kedisiplinan baik di bidang pelayanan maupun pada bidang administrasi dan manajemen

Kegiatan-kegiatan pokok dalam program ini :

  • Penyusunan sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi penerapan hospital by laws dan medical staf by laws.
  • Penyusunan target kinerja pegawai dan evaluasi kinerja pegawai
  • Penyediaan sarana kerja sehubungan dengan kesehatan dan keselamatan kerja karayawan RS.

8. Program Obat dan Perbekalan Kesehatan

Program ini bertujuan untuk menjamin  ketersedian mutu, keterjangkaun obat dan perbekalan kesehatan serta bahan habis pakai.

Kegiatan - kegiatan pokok dalam program ini :

  • Pengadaan Obat dan Perbekalan kesehatan.

9. Program Peningkatan Sarana darn Prasarana Aparatur.

Program ini bertujuan untuk menjamain kelancaran kegiatan operasional pelayanan/ perkantoran.

Kegiatan  - kegiatan pokok dalam program ini:

  • Pengadaan dan pemeliharaan Kendaraan dinas/operasional
  • Pengadaan dan pemeliharaan Perlengkapan rumah dinas/jabatan
  • Pemeliharaan rumah dinas/jabatan
  • Pengadaan dan  pemeliharaan peralatan kantor

10. Program Peningkatan/Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja Keuangan.

Program ini   bertujuan Menjamin ketersedian  laporan capain  kinerja dan laporan keuangan    yang    akuntabel.

Kegiatan-kegiatan pokok dalam program ini:

  • Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan ikhtiar realisasi kinerja
  • Penyusunan Pelaporan Prognosis Realisasi Anggaran.

11.  Program Upaya Kesehatan Masyarakat

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses, ketenangan dan kualitas pelayanan kesehatan perorangan.

Kegiatan - kegiatan pokok dalam progam ini:

  • Promosi Kesehatan
  • Peningkatan  Komunikasi,, Informasi dan Edukasi (KIE) tentang kesehatan.












Addthis
You are here