.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kantor Pertamanan dan Kebersihan

Satuan Kerja Perangkat Daerah Kantor Pertamanan dan Kebersihan dibentuk melalui Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Ende Nomor 7 tahun 2008, pada dasarnya dibentuk untuk menunjang pembangunan terkait bidang pengelolaan kebersihan dan penataan keindahan kota yang terprogram dan dilaksanakan dengan skala prioritas yang ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi masyarakat menuju terwujudnya kota yang Bersih, Sejuk, Elok , Rimbun dan Imani (BERSERI) sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan khususnya pada wilayah Perkotaan yang bermuara pada meningkatnya derajat kehidupan masyarakat dimaksud melalui pembangunan dan pengelolaan kebersihan serta keindahan maka dambaan masyarakat akan kebersihan dan keindahan dapat tercapai sebagai aspek kehidupan dapat dirasakan secara berkeadilan.

1. VISI DAN MISI

a. VISI

Visi adalah kondisi ideal dan cara pandang tentang apa yang diinginkan untuk akhir periode perencanaan pada Kantor Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Ende, agar dapat dieksis, antisipatif dan inovatif dalam menghadapi era globalisasi yang akan datang. Pernyataan Visi ini merupakan suatu gambaran yang menantang akan keadaan masa depan yang ingin dicapai oleh Kantor Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Ende.

Suatu Visi juga merupakan kondisi yang inspirasional sehingga mendorong harapan dan impian, memfokuskan kepada masa depan dengan lebih baik serta menyatakan hasil-hasil yang positif. Suatu Visi haruslah menekankan tujuan, kriteria kinerja, perilaku, aturan, keputusan dan standart pelayanan publik serta harus menjadi kesepakatan seluruh pemangku kepentingan. Nilai-nilai yang tertuang di dalam Visi memiliki konsekwensi untuk diterapkan dalam proses implementasinya, karena itu harus realistis dengan mempertimbangkan kemampuan yang ada dan waktu yang tersedia.

Adapun Visi Kantor Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Ende yang ditetapkan adalah sebagai berikut :


"Terwujudnya Ibukota Kabupaten Dan Kecamatan Yang Bersih Dan Nyaman

Menuju Masyarakat Ende Lio Sare Pawe"


Bila dilihat dari rumusan visi tersebut, maka perlu dijabarkan hakekat kata kunci sebagai berikut :

    • Bersih mengandung makna suatu kondidi/keadaan dimana bebas dari masalah persampahan dan polusi.
    • Kualitas Kebersihan Kota adalah suatu keadaan kota yang terbebas dari sampah/zero waste dan pencemaran lingkungan.
    • Nyaman adalah suatu kondisi yang dirasakan masyarakat sebagai dampak dari ketersediaan ruang terbuka hijau (open green space) yang sejuk, indah, elok dan rimbun.
    • Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah suatu area terbuka sebagai paru-paru kota atau Open space yang estetis dan fungsional.

b. MISI

Misi merupakan identifikasi tujuan, sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh Kantor Pertamanan dan Kebersihan sesuai dengan Visi yang telah ditetapkan. Misi juga merupakan unsur yang paling fundamental dari sebuah Visi, karena fungsi dan misi tersebut adalah menjembatani kondisi saat ini menuju masa depan sesuai dengan harapan yang ingin dicapai melalui suatu tindakan tertentu.

Jadi Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi. Adapun misi yang dirumuskan di bidang pembangunan yang berwawasan iingkungan maka Kantor Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Ende menetapkan Misi adalah sebagai berikut :

    • Meningkatkan kualitas kebersihan ibukota kabupaten dan kecamatan
    • Meningkatkan ruang terbuka hijau ibukota kabupaten dan kecamatan
    • Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH)
Addthis
You are here