.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah

Indeks Artikel
Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah
Program dan Kegiatan
Pencapaian Hasil Fisik dan Manfaatnya
Seluruh halaman

Keberadaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Ende pertama kali terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 54 Tahun 2000 dengan nomenklatur Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Namun merujuk pada Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2007 dan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 7 tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah, nomenklatur Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah berubah menjadi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Ende sebagai unsur Pelaksana

Daerah melalui Sekretaris Daerah, dengan Tugas Pokok "Mari Bantu  Bupati dalam Penyelengaraan Pemerintahan Daerah di Bidang  Perpustakaan  dan Arsip Daerah"

 

RENCANA STRATEGIS KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH

 

1. Visi

 

"Terwujudnya Perpustakaan dan Kearsipan yang Perkualitas demi Masyarakat

Cerdas dan Berbudaya Menuju Ende Lio Sare Pawe"

2.  Misi

 

    1. Mengembangkan minat serta kebiasaan membaca masyarakat;
    2. Mengembangkan sumber daya perpustakaan dan kearsipan;
    3. Meningkatkan upaya tertib administrasi kearsipan dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan;
    4. Membangun lembaga perpustakaan dan kearsipan agar lebih efektif, fleksibel dan berkualitas.

 

3.   Tujuan dan Sasaran

 

    1. Meningkatkan eksistensi dan kualitas pelayanan untuk mengembangkan minat dan kebiasaan membaca masyarakat.
    2. Meningkatkan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan;
    3. Menyelamatkan dan melestarikan dokumen / arsip vital daerah dalam usaha menjadikan dokumen / arsip sebagai sumber informasi, bukti akuntabilitasnasional, memori kolektif dan sebagai simpul pemersatu bangsa;
    4. Mewujudkan sebuah organisasi/lembaga perpustakaan dan kearsipan yang akuntabel, fleksibel dan berkualitas dalam melayani kebutuhan masyarakat

 

4. Strategi

 

    1. "Meningkatkan i pciayai iai i ii ifvr i i iaSi dai i ediikasi mciaiui pei i ibii iaan keiei i ibagaai i perpustakaan, perluasan jangkauan layanan, pengembangan koleksi yang bermutu dan bervariatif, sarana dan prasarana yang memadai, pengadaan perangkat lunak dan perangkat keras serta ketersediaan SDM aparatur perpustakaan yang handal balk kualitas maupun kuantitaf;
    2. Meningkatkan koordinasi dan integrasi dengan lembaga/ instansi pemerintah/swasta dan masyarakat guna menciptakan persamaan persepsi dan pemahaman terhadap sistem pengelolaan kearsipan secara baku serta melakukan pembenahan dan penataan balk sarana dan prasarana maupun jumlah SDM kearsipan.

 

5. Kebijakan :

 

    1. Meningkatkan akses masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana pelayanan informasi dan edukasi
    2. Meningkatkan jumlah koleksi buku dan bahan bacaan lainnya.
    3. Terpeliharanya arsip sebagai bahan bukti pertanggung jawaban penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan sejarah kehidupan kebangsaan


You are here