.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil

Indeks Artikel
Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil
Tujuan & Sasaran
Strategi & Kebijakan
Program & Kegiatan
Seluruh halaman

 

Visi dan Misi

 

Sebagai instansi vertikal yang secara teknis mengacu pada program dan kegiatan Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan Departemen Dalam Negeri RI, maka visi dan misi Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan Departemen Dalam Negeri RI menjadi salah satu pertimbangan untuk menyusun visi dan misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende. Visi Direktorat Jenderal Kependudukan Departemen Dalam Negeri RI adalah” “Tertib Administrasi Kependudukan dengan Pelayanan Prima menuju Penduduk Berkualitas Tahun 2015”, dengan misi sebagai berikut:

1. Mengembangkan kebijakan dan sistem serta menyelengarakan pendaftaran penduduk dan  pencatatan sipil untuk menghimpun data kependudukan, menerbitkan identitas dan mensyahkan perubahan status dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

2. Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehingga mampu menyediakan data dan informasi kependudukan secara lengkap, akurat dan memenuhi kepentingan publik dan pembangunan.

3. Mengembangkan pranata hukum, kelembagaan serta peran serta masyarakat yang mendukung proses pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi kependudukan guna memberikan kepastian dan perlindungan sesuai hak-hak penduduk.

4. Merumuskan kebijakan pengembangan kependudukan yang serasi, selaras dan seimbang antara jumlah/pertumbuhan, kualitas serta persebaran dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan.

5. Menyusun perencanaan kependudukan sebagai dasar perencanaan dan perumusan pembangunan nasional dan daerah yang berorientasi pada penigngkatan kesejahteraan penduduk.

 

Disamping itu Dalam rangka mewujudkan tertibnya administrasi kependudukan, khusus pencatatan Kelahiran bagi Anak Indonesia, Pemerintah menetapkan Rencana Strategis Pencatatan kelahiran dengan visi sebagai berikut : “semua anak Indonesia memiliki akta kelahiran pada tahun 2011”. Rencana Strategis ini kemudian menjadi acuan bagi Propinsi dan Kabupaten/Kota untuk segera diimplementasikan sejak Tahun 2010 dengan menetapkan Renstra di Tingkat Propinsi dan pelaksanaan dan penganggaran di tingkat Kabupaten/Kota.

 

1. Visi

 

Sebagai lembaga Pemerintah Daerah Kabupaten Ende yang menjalankan tugas dan fungsi di bidang administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende menetapkan visi untuk jangka waktu lima tahun kedepan yakni tahun 2009 – 2014 sebagai berikut:

“ Dokumen Kependudukan untuk Semua Menuju Ende Lio Sare Pawe” .

 

Penjelasan Visi.

 

1. Dokumen kependudukan artinya : dokumen resmi yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Dokumen dimaksud terdiri dari :

a) Kartu Keluarga ( KK ) artinya semua Keluarga memiliki kartu keluarga.

b) Kartu Tanda Penduduk (KTP) artinya semua Penduduk wajib KTP memiliki KTP atau dokumen lainnya yang setara dengan KTP.

2. Akta Catatan Sipil, terdiri dari : Akta Kelahiran, artinya semua anak umur 0 - 17 tahun harus memiliki akte kelahiran, Akte kematian bagi penduduk yang meninggal, Akte Perkawinan bagi setiap pasangan nikah, Akte Pengesahan Anak, dan Akte Pengangkatan anak.

3. Semua mengandung makna : keseluruhan tanpa kecuali, baik itu WNI maupun WNA selama berada di wilayah NKRI wajib memiliki Dokumen Kependudukan.

4. Ende Lio Sare Pawe : mengandung pengertian cita-cita luhur masyarakat Ende yang aman, sejahtera, lahir dan bathin, yang didukung suasana yang kondusif melalui percepatan pembangunan yang mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat , pemerintah, dan dunia usaha.

 

2. Misi

Misi merupakan petunjuk tentang apa yang harus dilaksanakan oleh organisasi untuk mewujudkan visi. Dalam rangka mewujudkan visi pembangunan bidang Administrasi Kependudukan di Kabupaten Ende selama kurun waktu lima tahun kedepan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende mengusung misi sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Sistem Administrasi Kependudukan (SAK). Misi ini mengandung makna bahwa :

Pelaksanaan pembangunan bidang administrasi kependudukan, membutuhkan sistem administrasi yang handal guna mewujudkan pelayanan kependudukan yang profesional. Pelaksanaan undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan secara seksama menjadi dasar menuju terciptanya Kualitas Sistem Administrasi Kependudukan. Guna mendukung maksud tersebut peningkatan SDM aparatur khususnya dalam memahami peraturan perundang-undangan dimaksud perlu ditingkatkan. Pelaksanaan Administrasi kependudukan yang profesional juga sangat ditentukan oleh kinerja unsur manajemen, dan kepemimpinan sebagai inti dari pada proses administrasi kependudukan itu sendiri. Sebagai penunjang lainnya juga dibutuhkan dana operasional dan sarana prasarana yang memadai termasuk sistem informasi yang handal melalui pengembangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.

2. Meningkatkan Peran Serta Masyarakat dalam mendukung Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Misi mengandung makna bahwa :

 

Untuk mewujudkan pelayanan pencatatan dan pendaftaran kependudukan yang berkualitas, maka dibutuhkan partisipasi aktif masyarakat melalui kesadaran akan hak-hak sipil sebagai warga negara, kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, serta aktif melaporkan setiap peristiwa kependudukan yang dialaminya untuk dituangkan dalam dokumen kependudukan melalui proses pendaftaran dan pencatatan.

 



You are here