.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Indeks Artikel
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Tujuan & Sasaran
Program & Kegiatan
Indikator Kinerja
Struktur Organisasi
Tugas Pokok & Fungsi
Isu - Isu Strategis
Sarana & Prasarana
Seluruh halaman

A. VISI DAN MISI

Dalam penetapan visi dan misi, Dinas Kebudayaan dari Pariwisata Kabupaten Ende berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah, Visi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Propinsi, Visi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi NTT, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Ende Tahun 2009 - 2014 dan Visi Kabupaten Ende maka ditetapkan Vsi dan Misi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam lima tahun ke depan adalah:

"TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG TANGGUH, BERDAYA SAING DAN BERKELANJUTAN DI BIDANG KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA MENUJU ENDE LIO SARE PAWE".

Tangguh mengandung makna adanya kondisi dimana budaya masyarakat setempat tidak terpengaruh oleh arus globalisasi yang negatif. Berdaya saing mengandung arti masyarakat rnemiliki kemampuan komparatif sebagai kekuatan untuk menghadapi persaingan dari luar. Berkelanjutan mengandung arti pembangunan kebudayaan dan pariwisata tetap berkembang sesuai jaman berdasarkan nilai budaya lokal.

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas maka misi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2009 - 2014 adalah :
 
1.    Meningkatkan pelestarian dan pengembangan kebudayaan.
Penjelasan Misi: Masyarakat Kabupaten Ende yang mengenal jati dirinya sebagai orang Ende Lio yang cara hidupnya berdasarkan pada sistem budaya, sistem sosial dan benda-benda peninggalan, mengembangkan budaya Ende Lio sebagai warisan bangsa bahkan warisan dunia. Selain itu diharapkan terciptanya Masyarakat Ende Lio yang menghargai perbedaan dan keragaman sehingga dapat terwujudnya rasa damai dan tentram dalam mendukung pembangunan Pariwisata.
2.    Mengembangkan usaha pariwisata yang memitiki daya saing.
Penjelasan Misi : Masyarakat Kabupaten Ende diharapkan mengembangkan daya tarik  wisata, usaha jasa dan sarana pariwisata berdasarkan nilai budaya lokal dan memenuhi standarisasi sesuai dengan trend/minat wisatawan sehingga memiliki daya saing global. Diharapkan juga mempunyai kesempatan berusaha, memperoteh pekerjaan yang sesuai keahtian dan potensi yang ada.
3.    Meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang kebudayaan dan pariwisata.
Penjelasan Misi : Masyarakat Kabupaten Ende yang sadar dan berpartisipasi dalam mengembangkan keanekaragaman alam, kekayaar, dan keragaman budaya demi pelestarian dan keberlanjutan sumber daya yang ada serta menjadi daya tarik wisata.
4.    Meningkatkan pelayanan publik yang cepat dan tepat di bidang Kebudayaan dan Pariwisata.
Penjelasan Misi : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata diharapkan c:apat memberikan pelayanan publik yang profesional, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan didukung oteh aparatur yang profesional dan kompetitif.

 

You are here