.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

BKB-KS

Indeks Artikel
BKB-KS
Tujuan & Sasaran
Strategi & Kebijakan
Program & Kegiatan
Indikator
Seluruh halaman

Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Kabupaten Ende

1.  Visi dan Misi


Visi adalah kondisi ideal yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Visi ditetapkan sebagai panduan untuk mengimplementasikan strategi serta menetapkan arah dan kebijakkan pembangunan. Visi juga harus mengandung nilai – nilai penting yang memberi  inspirasi dan menumbuhkan kretivitas.

Visi merupakan kondisi yang inspirasional sehingga mendorong harapan dan impian, memfokuskan kepada masa depan lebih baik serta menyatakan hasil – hasil yang positif. Suatu visi harus menekankan tujuan, kriteria kinerja, perilaku, aturan, keputusan dan standard yang merupakan pelayanan publik serta harus menjadi kesepakatan seluruh pemangku kepentingan. Nilai – nilai yang tertuang di dalam visi memiliki konsekuensi untuk diterapkan dalam  proses implementasinya, karena itu harus realistis dengan mempertimbangkan kemampuan yang ada dan waktu yang tersedia.

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya – upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi merupakan identifikasi tujuan, sesuatu yang harus di emban atau dilaksanakan oleh Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Misi juga merupakan unsur yang paling fundamental dari sebuah visi, karena fungsi dari misi tersebut adalah menjembatani kondisi saat ini menuju masa depan sesuai dengan harapan yang ingin dicapai melalui suatu tindakan tertentu.

 

Visi


Sebagai penjabaran Visi dan Misi pertama pemerintah Kabupaten Ende dan sejalan dengan mengantisipasi perubahan lingkungan strategis di  era desentralisasi saat ini, Badan Kelarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Kabupaten Ende merumuskan Visinya yaitu :


“ Terwujudnya Keluarga Berkualitas Menuju Masyarakat  Ende Lio Sare Pawe “


Dengan visi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam  menggerakan program keluarga berencana di daerah ini sehingga visi Kabupaten  Ende  yaitu  Ende Lio Sare Pawe dapat terwujud ketika seluruh keluarga Ende Lio menjadi keluarga yang berkualitas.
Keluarga berkualitas yang dimaksudkan adalah keluarga yang bercirikan : memiliki jumlah anak ideal, maju, sehat, mandiri, memiliki  ketahanan dengan menerapkan fungsi - fungsi keluarga.


Misi

Untuk mewujudkan Visi tersebut maka ditetapkan empat  misi yaitu :

1.Meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur pengelola Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera.

2. Memberdayakan dan menggerakan masyarakat untuk membangun keluarga yang berkualitas

3. Menggalang kemitraan dengan sektor terkait dalam bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera.

4. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak-hak reproduksi

 



You are here