.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pemerintah Kabupaten Ende Terdiri dari 21 Kecamatan

Sekilas Ende

Ende Adalah Nama Sebuah Kabupaten Di Pulau Flores Yang Masih Berada Didalam Wilayah Propinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Letaknya Adalah Di Tengah Daratan Flores. Ende Juga Adalah Nama Ibukota Kabupaten Ende. Jika Kita Melakukan Perjalanan Darat Dari Bagian Timur Pulau Flores Semisal Kota Maumere Atau Kota Larantuka Dalam Perjalanan Menuju Bagian Barat Lainnya Pulau Flores Seperti Kota Bajawa Maupun Ruteng. Maka Kita Harus Melalui Kota Ende Ini, Begitu Juga Jika Sebaliknya, Sehingga Dapat Dikatakan Bahwa Kota Ende Adalah Kota Transit Penghubung Bagian Barat Flores Dan Bagian Timur Flores. Sarana Transportasi Yang Ada Di Kabupaten Ini Pun Sudah Cukup Memadai.

Dalam Akses Menuju Wilayah Kabupaten Ende Ini, Jika Menggunakan Sarana Transportasi Udara Dengan Menggunakan Pesawat Terbang, Maka Bandara Udara Haji Hasan Aroeboesman Adalah Sarana Pelayanan Sebagai Sebagai Bandara Udara Kabupaten Ende. Jika Pilihan Anda Adalah Menggunakan Jasa Transportasi Laut, Maka Pelabuhan Laut Ende Adalah Alternatif Pilihan Anda. Ende Seperti Juga Kawasan lain Di Pulau Flores Seperti Manggarai, Manggarai Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Ngada, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Manggarai Barat, Dan Kabupaten Lembata, Menyimpan Banyak Ragam Kebudayaan NTT (Nusa Tenggara Timur) Yang Belum Terekspos Secara Gamblang.

Batas Wilayah Kabupaten Ende :

* Sebelah Utara Kabupaten Ende Berbatasan Dengan Laut Flores Di Nangaboa Dan Di Ngalu Ijukate
* Sebelah Selatan Kabupaten Ende Berbatasan Dengan Laut Sawu Juga Di Nangaboa Dan Di Ngalu Ijukate
* Sebelah Timur Kabupaten Ende Berbatasan Dengan Kabupaten Sikka Dari Pantai Utara Nangambawe, Hangamanuria Ke Arah Selatan Dan Di Ngalu Ijukate
* Sebelah Barat Kabupaten Ende Berbatasan Dengan Kabupaten Ngada Dari Pantai Utara Di Nanganiohiba Ke Arah Tengah Utara, Wuse Ke Arah Tengah Selatan, Sanggawangarowa Menyusur Kali Nangamboa Ke Arah Pantai Selatan Dan Di Nangamboa.

Kabupaten Ende Mempunyai Luas 2.046,60 Km2. Dengan Wilayah Administratif Yang Terdiri Dari 21 Kecamatan Yang Dibagi Lagi Menjadi 165 Desa Dan 20 Kelurahan.

Addthis
You are here