.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PROYEK PLTPB MUTUBUSA SEGERA DIKERJAKAN

Pengerjaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) Mutubusa Sokoria di Kecamatan Ndona Timur Kabupaten Ende segera dikerjakan pada bulan Maret ini. Namun PT Sokoria Geothermal sebagai pengembang meminta Pemerintah Kabupaten Ende untuk dapat menjamin kenyamanan dalam pelaksanaan pengerjaan proyek yang dimaksud. Hal ini dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Ende Achmad Mochdar saat rapat bersama dengan beberapa instansi terkait di Lantai II Kantor Bupati Ende , Selasa (08/03). Menurut Wabup Mochdar rapat tersebut sebagai respon positif

pemerintah untuk mendukung penyelesaian proyek listrik tenaga panas bumi yang sudah lama di tunggu masyarakat.” Ada kepentingan yang perlu diselesaikan secepatnya terutama masalah titik-titik koordinat kegiatan pengeboran yang berada di kawasan hutan lindung Taman Nasional Kelimutu (TNK) dan dalam rapat, telah mencapai kesepakatan untuk melakukan pemetaan dan merubah titik – titik koordinat yang semula dalam kawasan hutan lindung TNK untuk berada di zona aman, ” ungkap Wabup Mochdar.
Dari hasil kesepakatan itu lanjut Wabup Mochdar, Pemerintah Kabupaten Ende segera menyurati kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) untuk merefisi kembali wilayah kerja pertambangan yang tertuang dalam ijin pertambangan.
Sementara itu pengerjaan proyek PLTPB Mutubusa menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 12 Maret mendatang. Proyek ini sebelumnya sempat terkatung-katung pengerjaannya, semula dikabarkan pengerjaannya pada tahun 2010 lalu namun ditunda. Hal ini terkait belum adanya kesepakatan harga jual listrik antara pengembang dan PT. PLN. Proyek PLTPB Mutubusa ini merupakan salah satu dari 5 proyek listrik di Indonsia yang diminta Presiden Rebublik Indonesia untuk diselesaikan pada tahun ini.(adm,nosem,hms)

Addthis
You are here