.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

ANCAMAN DIBIDANG IDEOLOGI DAN POLITIK FAHAM PERLU DIWASPADAI SECARA SERIUS

Salah satu ancaman yang memerlukan kewaspadaan yang sungguh-sungguh adalah ancaman dibidang Ideologi, politik faham atau ajaran yang bertentangan dengan Pancasila seperti faham komunisme, liberalisme maupun faham yang menggunakan agama sebagai wahana. Selain itu, kerawanan di bidang politik, ekonomi, social budaya dan pertahanan keamanan merupakan ancaman lain yang juga harus diwaspadai secara serius. Hal ini dapat dilihat dari makin meningkatnya angka pengangguran, korupsi, mafia hukum, golput dan sengketa pemilu.


Hal ini dikatakan Bupati Ende Don Bosco M.Wangge dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Ende, Donatus Randa Ma ketika membuka kegiatan Forum Diskusi Politik Tingkat Kabupaten Ende di Rumah Makan Cita Rasa (Kamis 20/09).Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kabupaten Ende.


Bupati Don mengatakan,eksistensi partai politik dalam system pemerintahan demokrasi memiliki posisi dan peranan penting sebagai penghubung yang sangat strategis antara proses-proses pemerintahan dan warga negara dalam upaya memperkuat derajat kelembagaannya dalam system politik demokrasi. Untuk itu Partai Politik sudah saatnya melakukan reorientasi terhadap tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kepada peserta Bupati berharap agar dapat memanfaatkan kegiatan diskusi ini dengan baik dalam semangat kebersamaan serta penuh rasa tanggung jawab terutama dalam meningkatkan wawasan berpikir peserta sehingga dapat menyebarluaskan pola pikir yang benar terkait dengan demokrasi pancasila kepada masyarakat luas.


Sementara itu Panitia Penyelenggara dalam laporannya yang disampaikan Basri H.Ahmad S.Ip Kabid Hubungan Antar Lembaga Kesbangpolinmas mengatakan, kegiatan yang diikuti 75 orang peserta dari unsur Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas/OKP, LSM, FKAUB, FKDM, FPK dan wartawan media cetak dan elektronik dengan maksud agar kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum pada setiap tingkatan baik pemilu kepala daerah, Pemilu Presiden dan Pemilu legislative dari waktu ke waktu semakin baik.


Nara Sumber untuk kegiatan ini menurut Basri masing-masing Rm.Feri Dhae Pr dari Kalitbang Keuskupan Agung Ende dengan materi Etika Politik dan Demokrasi, Frans. A. R. Senda Ketua KPU Ende dengan materi Pemilihan Umum serta Drs. Gabriel Toby Sona dengan materi Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif Kepemimpinan Politik. (Helen Mey-Humas Setda Ende)

Addthis
You are here