.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

LULUS UN 2012, NILAI RATA-RATA 5,5

Pemerintah telah menetapkan standar nilai rata-rata kelulusan sebesar 5,5 bagi seluruh peserta Ujian Nasional (UN) 2012. Dengan ketentuan nilai minimal (terendah) per mata pelajaran, tingkat SD 4,5, sedangkan SMP-SMA/SMK atau sederajat nilai minimalnya 4,0. Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende, Constantinus Djara di ruang kerjanya, Rabu (14/3).

 

Mengenai jadwal pelaksanaan UN, Djara menjelaskan, untuk SMA berlangsung pada tanggal 16-19 April, SMK 16-18 April, SMP 23-26 April, dan SD 7-9 Mei 2012. Kemudian, jadwal UN susulan, SMA 23-26 April, SMK 25-28 April, SMP 30 April-4 Mei, dan SD 14-16 Mei 2012. “Tidak ada ujian ulang. Yang ada adalah ujian susulan. Ujian susulan hanya bagi peserta didik yang sakit dan berhalangan, yang dibuktikan dengan keterangan sah. Misalnya,surat keterangan sakit dari dokter,”kata Djara.

           

Adapun mata pelajaran yang akan diujiankan saat UN, lanjut Djara, SMA yang terbagi dalam tiga jurusan yakni jurusan IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi; jurusan IPS : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi; jurusan Bahasa : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Asing lain, Matematika, Antropologi, dan Sastra Indonesia. MA (Madrasah Aliyah) Program Keagamaan : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Tafsir, Matematika, Fikih, dan Hadis. SMK : Bahasa Indoensia, Bahasa Inggris, dan Matematika. SMP : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. SD : Bahasa Indonensia, Matematika, dan IPA.

           

Djara merincikan jumlah peserta UN 2012 se-Kabupaten ende yakni SMA 2.450 siswa, SMK 1.035 siswa, SMP 4.705 siswa, dan SD 5.773 siswa. “Soal-soal ujian belum ada. Biasanya seminggu menjelang UN baru tiba. Ini menjadi kewenangan Provinsi. Mekanisme pelaksanaannya sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Akan ada koordiansi antara provinsi, kabuapten dan aparat keamanan saat ujian,”katanya. Terkait pengumuman kelulusan, SMA/SMK/MA akan diumukan tanggal 25 Mei, SMP/MTs/ SMPLB 2 Juni, dan SD 16 Juni. (adm,pt)

Addthis
You are here