.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

TARIF AIR PDAM AKAN NAIK

Tarif air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Kabupaten Ende akan segera dinaikkan oleh manajemen perusahaan itu. Hal itu di lakukan sebagai syarat untuk program bantuan penyehatan PDAM . Program tersebut di namakan Full Cost Recorvery ( FCR ) atau biaya operasional harus seimbang dengan pendapatan. Hal ini dikatakanDirektur Utama ( Dirut ) PDAM Kabupaten Ende , Soedarsono di kantornya , Jumat ( 10/2).


Soedarsono menjelaskan ,tarif air bersih di Kabupaten Ende saat ini Rp 1.300/kubik. Jika di hitung untuk FCR, maka tarifnya Rp 2.000/kubik. Tetapi kenaikan nanti, jelas Soedarsono ,tidak dinaikkan tarif dasar, tetapi dinaikkan tarif progresifnya. Karena, dengan menaikkan tarif progresif , maka pelanggan akan hemat dalam pemakaian air . “ Untuk menaikkan tarif ini harus di bahas di DPRD. Ini harus melalui Peraturan Daerah ( Perda ),”tandas Soedarsono.

      

Selain FCR , jelas Soedarsono , yang dilakukan tanpa Perda , yakni kenaikan tarif reklasifikasi . Reklasifikasi ini, kata Soedarsono, misalkan untuk rumah penduduk yang beralih menjadi asrama . Selain itu , ada tarif khusus untuk perumahan mewah. “ Berdasarkan data yang ada , pelanggan rumah mewah sebanyak 39 unit. Sedangkan fakta yang ada ,di Kota Ende banyak perumahan yang mewah. Ini harus di lakukan pendataan ulang ,”ungkap Soedarsono.

Addthis
You are here