.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

TIGA PUSKESMAS DI ENDE MILIKI SERTIFIKASI AKREDITASI

Sebanyak tiga Puskemas di Kabupaten Ende memiliki sertifikat akreditasi masing – masing Puskesmas Nangapanda memperoleh Akreditasi Madya dan Puskesmas Ria Raja memperoleh akreditasi Utama serta Puskesmas Watuneso memperoleh akreditasi utama.

 

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Ende, drg Munafatma mengatakan hal itu dalam sambutannya pada saat pelaksanaan peresmian pengoperasian rumah sakit Pratama di Desa Tana Li, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende, Kamis (12/11/2020).

 

Dikatakan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan melalui program Akreditasi Puskesmas dimana terjadi reakreditasi Puskesmas Nangapanda dari Dasar ke Madya, Puskesmas Watuneso dan Riaraja dari Madya ke Utama.

 

Terkait dengan 21 puskesmas lainnya yang belum mengalami proses reakreditasi drg. Munafatma mengatakan proses tersebut terkendala karena pandemic covid 19.

 

“Dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, Puskesmas Loboniki sedang dalam pendampingan untuk proses akreditasi,”kata Munafatma.

 

Dijelaskan penempatan tenaga kesehatan di puskesmas melalui program Nusantara Sehat dalam Tim yang terdiri dari tenaga Dokter umum, Dokter gigi, perawat, farmasi, kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, nutrisionist dan bidan yang tersebar Puskesmas Roga, Watunggere, Kotabaru, dan Maurole.

 

Selain itu katanya program Nusantara Sehat individu tersebar di Puskesmas Peibenga, Wolowaru, Maubasa, Maurole, Riaraja, Nangapanda, Ahmad Yani, Rukun Lima, Detusoko, Watuneso, Wolojita dan Kelimutu.

 

Munafatma mengatakan peningkatan sarana prasarana fasilitas pelayanan kesehatan sedang dan terus dilakukan salah satunya seperti Pembangunan Rumah Sakit Pratama dan peningkatan status Pustu Mukusaki menjadi Puskesmas yang akan diluncurkan pada Momentum Hari Kesehatan Nasional ke 56 tahun 2020.

 

Terkait dengan 3 pembangunan puskesmas afirmasi, Ia menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan mendorong perbaikan optimalisasi fungsi bangunan, Puskesmas itu antara lain : Puskesmas Wolowaru, Nangapanda dan Rewarangga yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

 

Sebelumnya pada tahun 2019 telah dibangun 5 puskesmas afirmasi yaitu Maurole, Detusoko, Moni Maukaro dan Kota Ende yang telah beroperasi dalam melakukan pelayanan kesehatan saat ini, ujar Munafatma.

 

“Mudah – mudahan di tahun 2021 Pemerintah Pusat kembali akan membangun 2 Puskesmas afirmasi di Kabupaten Ende,”katanya.

Kegiatan – kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat hidup sehat sebagai wujud dari gerakan masyarakat hidup sehat dengan pemanfaatan fasilitas kesehatan. (ria)

Addthis
You are here