.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

BUPATI DJAFAR RESMIKAN RUMAH SAKIT PRATAMA TANALI

Bupati Ende, Drs Djafar Achmad meresmikan pengoperasian rumah sakit pratama di Desa Tanali, Kecamatan Wewaria,Kabupaten Ende, Kamis (12/11/2020).

 

Rumah Sakit Pratama Kelas D tersebut memiliki 10 ruang rawat inap, 1 ruang isolasi, 1 ruang administrasi manajement, 1 ruang Direktur, 1 ruang farmasi sekalian apotek, 1 ruang tata usaha, 1 ruang Poli Umum, 1 ruang poli gigi, 1 ruang poli kebidanan, 1 ruang rekam medis, 1 ruang poli spesialis, 1 ruang CK (Persalinan), 1 ruang radiologi, 1 ruang OKA (operasi), 1 ruang Laboratorium, 1 ruang dapur, 1 ruang londri, 1 ruang AHV, 1 ruang transit jenasah serta 1 ruang teknisi.

 

Bupati Ende, Drs Djafar Achmad dalam sambutannya mengatakan bahwa Rumah sakit Pratama di Tanali merupakan keinginan Marsel – Djafar pada saat itu untuk membangun rumah sakit di wilayah Utara. Kehadiran Rumah sakit Pratama ini diharapkan mampu menjawabi keinginan masyarakat untuk memiliki rumah sakit untuk wilayah utara.

 

Bupati Djafar mengharapkan kepada para tenaga kesehatan dan tenaga medis untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

 

“Dimanapun kalian bertugas untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan sapalah dengan senyum ketika pasien datang,”tegas Bupati Djafar

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, drg Muna fatma dalam sambutannya mengatakan momentum Hari Kesehatan ke 56 tahun ini sebagai pengingat public bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif – preventif dan semakin menggalakkkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif – rehabilitative.

 

“Dengan GERMAS, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untukberperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat,”katanya.

 

Dikatakan bahwa Gerakan Masyarakat (GERMAS) berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif dengan berperilaku CERDIK dimana C : Cek kesehatan berkala. E : enyahkan asap rokok, R : rajin aktivitas fisik, D : diet sehat dengan kalori seimbang, I : istirahat cukup, K : Kelola stress dengan baik dan pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

 

Bupati Ende, Djafar Achmad setelah meninjau rumah sakit Pratama juga berkesempatan untuk menanam pohon di sekitar halaman rumah sakit Pratama diikuti Wakil Ketua DPRD Ende, Erikos Emanuel Rede, anggota DPRD, Vincen Sangu, perwakilan Kodim Ende.

 

Pelaksanaan peresmian ditandai dengan penyerahan Buku Ketahanan dan Kerentanan Pangan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ende, Gaudensia Ilmoe kepada Bupati Ende, selanjutnya Bupati Ende menyerahkan Buku ketahanan dan kerentanan Pangan secara simbolis kepada Perwakilan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah masing – masing : Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Kependudukan, Bappeda.

 

Selain itu pelaksanaaan peresmian juga ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Ende, Drs Djafar Achmad yang didampingi Wakil DPRD Ende, Erikos Emanuel Rede, Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, Dr Agustinus G Ngasu, M.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, drg Muna Fatma.(ria)

Addthis
You are here