.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

ANAK MEMILIKI PERAN PENTING DALAM KEHIDUPAN BANGSA.*

Anak memiliki peran penting dalam kehidupan bangsa. Karena anak merupakan warisan, pemilik dan penentu masa depan bangsa.

 

Hal ini dikatakan Bupati Ende, Drs Djafar achmad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Kesra Kabupaten Ende ,Usman Husen, SH. Pada saat kegiatan pertemuan stakeholder perlindungan anak tingkat desa dan Kabupaten dalam rencana kerjasama penanganan kasus anak di Kabupaten Ende, di Aula Emaus, Rabu (18/11/2020)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Dikatakan keberlangsungan dan kualitas kehidupan negara di masa datang sangat bergantung pada bagaimana kita mempersiapkan anak – anak yang potensial cerah dan berkualitas serta hak – hak anak yang tidak boleh di kebiri dan dipasung.

 

Sehubungan dengan hal itu,katanya dalam segala sendi kehidupan, anak mesti diperhatikan ekstra dan diperlakukan sebagai pribadi ciptaan Allah yang merdeka, berkehendak bebas, berharkat dan bermartabat.

 

Terkait dengan hak - hak anak, Bupati Djafar mengatakan bahwa hak - hak anak saat ini masih sering diabaikan dalam banyak aspek kehidupan.

 

"Kerapkali kita mendengar adanya informasi kelam seperti, kekerasan anak. pemerkosaan, pencabulan, pembunuhan anak, perdagangan anak dan semacamnya yang merusak hak – hak anak dan masa depannya."kata Bupati Djafar

 

Bupati Djafar mengharapkan kegiatan tersebut menjadi wahana yang tepat bagi semua pihak yang peduli dengan masalah anak untuk berbicara dan berdiskusi terkait persoalan dan permasalahan anak.

 

Selain itu, ditemukan langkah atau cara yang tepat mengatasi berbagai issue atau permasalahan yang menimpa anak – anak .

 

Sementara itu, Koordianasi Yayasan Flores Children Development (FREN) Mitra Childfund International wilayah Kabupaten Ende, Polikarpus W.Wanda dalam laporannya mengatakan setiap anak sejak dalam kandungan hingga mencapai dibawah 18 tahun, memiliki hak – hak dasar yang melekat pada setiap diri anak oleh karena itu juga harus dipromosikan.

 

Dikatakan hak – hak tersebut berprinsip pada terbaik bagi anak, hak hidup dan kelangsungan hidup, non diskriminasi dan penghargaan terhadap pandangan anak.

 

"Artinya hak – hak tersebut harus dipenuhi bukan semata – mata untuk hidup dan kelangsungan hidup anak, tetapi juga untuk mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak, yang berlaku untuk semua anak tanpa membeda – bedakan, yang dilaksanakan dengan menghargai anak,"katanya

 

Dia mengharapkan agar pemerintah Kabupaten dan pemerintah tingkat desa menyepakati kebijakan yang mendukung pemenuhan hak dan perlindungan kepada anak menuju pengembangan Kabupaten/kota layak anak, Kecamatan layak anak dan desa layak anak, sekolah rumah anak, pembentukan forum anak di desa dan Kecamatan yang mendukung perlindungan terhadap anak dari berbagai kekerasan.

 

Dijelaskan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan jejaring dan kerjasama antara Pemerintah dengan stakeholder perlindungan anak serta meningkatkan kerjasama dengan stakeholder perlindungan anak dalam penanganan kasus anak dan perempuan di Kabupaten Ende.

(ria)

Addthis
You are here