.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PEMDA ENDE VICON DENGAN MENDAGRI TENTANG PERCEPATAN PENANGANAN COVID 19

alt

Bupati Ende Djafar H. Achmad didampingi Sekda Ende Agustinus G. Ngasu, dan Asisten 2  Setda Ende, Kosmas Nyo serta beberapa pimpinan OPD mengikuti Video Converence (Vicon) dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bertempat di Posko Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid 19, Aula Lantai I Kantor Bupati Ende, Selasa (7/4).

Kegiatan digelar oleh Kementerian Dalam Negeri RI bersama Pemerintah Daerah tentang Percepatan Penanganan Covid 19 di daerah bermaksud agar dapat melakukan percepatan dalam penanganan covid-19 yang ada di wilayah. “Video Conference ini kita laksanakan terutama untuk mensinkronkan antara pemerintah pusat dan daerah berkaitan dengan krisis covid-19, sekaligus Kemendagri sebagai Pembina Kewilayahan berusaha untuk menampung aspirasi dari rekan-rekan berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasana kesehatan, serta termasuk ketahanan pangan,” ungkap Tito Karnavian.


Dalam  arahannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan tentang pentingnya memperkuat kapasitas sistem kesehatan dan ketersediaan sarana pra sarana untuk perang terhadap Covid-19 dan semua daerah telah siap. 


Ada dua hal penting disiapkan disetiap daerah adalah ketersediaan pangan dan keamanan memperketat penjagaan dan pengawasan terhadap masyarakat yang keluar dan masuk daerah serta memperkuat jejaring sosial.


Tito juga menegaskan, perlu adanya mobilisasi Nasional antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dan setiap daerah perlu melengkapi sarana dan prasana yang dibutuhkan dalam penanganan percepatan covid-19 yang telah menjadi wabah penyakit nasional. Mantan Kapolri ini juga mengatakan bahwa pentingnya mencukupi dan menjaga kesiapan untuk setiap daerah.


Selain itu, pemerintah telah mengeluarkan edaran pembatasan dalam skala besar, dan lain-lain, dimana telah terbentuk tiga tim antara lain : Pertama : Tim Inventarisasi kebutuhan kewilayahan terutama berhubungan alat-alat kesehatan termasuk APD, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kesiapan pangan, Kedua : Tim Dilematis antara kesehatan publik dan menjaga stabilitas ekonomi dan jika kita; mengutamakan kesehatan publik mungkin ekonomi akan dikorbankan dan ketika ekonomi jatuh negara akan terpuruk dan begitu juga kesehatan sehingga tetap mengutamakan kesehatan dan menjaga stabilitas ekonomi; ketiga : Tim Perindustrian yang fokus memproduksi alat kesehatan dan lain-lain dimaksimalkan dimana mengutamakan kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu dibandingkan memenuhi kebutuhan luar negeri.

 

alt

Tito Karnavian, juga menyampaikan, karena adanya demand atau permintaan yang sangat tinggi, khususnya pada sarana dan prasarana dalam pencegahan penyebaran dan penanganan Covid – 19, maka diimbau kepada seluruh pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota, kepada seluruh gubernur, bupati, wali kota, agar secara sungguh-sungguh melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6 Tahun 2020.Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020, mengarahkan agar seluruh kepala daerah melakukan realokasi pada APBD masing-masing dengan fokus pada upaya penanganan Covid-19 ini,  yang meliputi tiga hal, yaitu peningkatan kapasitas kesehatan, Sosial Safety Net yaitu bantuan sosial kepada masyarakat masing-masing dengan menggunakan APBD yang direalokasi, menjaga agar dunia usaha terutama mikro dan UMKM di daerah masing-masing agar tetap bertahan di tengah wabah ini.


Beliau juga mengharapkan Kepada Kepala Daerah dapat menjaga kestabilan usaha mikro didaerah masing-masing tetap beroperasi, tetapi harus memenuhi protokol kesehatan. Dikesempatan ini juga beberapa Kepala Daerah baik Provinsi dan Kabupaten/Kota menyampaikan kondisi didaerahnya masing-masing tentang percepatan penanganan corona di daerahnya masing-masing dan meminta kepada Kementerian dapat memberikan bantuan dalam percepatan penanganan covid-19 diwilayahnya.

Sumber : DusRangga/DiskominfoEnde

Addthis
You are here