.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

HARI PAHLAWAN DAN SUMPAH PEMUDA DIPERINGATI DI DETUKELI

altHari Pahlawan ke- 74 dan hari Sumpah Pemuda ke-,91 Tingkat Kabupaten Ende diperingati melalui upacara bendera yang dipusatkan di lapangan Marilonga Watunggere Kecamatan Detukeli Senin (11/11/2019).

 

Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM selaku Inspektur Upacara pada kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara.

 

Dalam sambutannya, Menteri Sosial Republik Juliari P. Batubara mengatakan, peringatan hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

" Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain" pungkas Mensos Batubara.

 

Menurut Mensos Batubara, dengan menjadikan kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

 

Mensos mengajak masyarakat Indonesia untuk terus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari semua masyarakat Indonesia.

 

Pada upacara tersebut juga dibacakan Putusan Konggres Pemuda Indonesia Tahun 1928 oleh perwakilan Menwa Universitas Flores dan pembacaan pesan- pesan Pahlawan oleh 3 orang pelajar dari Kecamatan Detukeli.alt

 

Petugas Pasukan Pengibar Bendera pada upacara tersebut masing-masing Novak Ramadhan Mandaka, siswa SMA Islam Mutmainah yang pada tanggal 17 Agustus lalu mewakili Provinsi NTT menjadi anggota Paskibraka Tingkat Nasional pasukan 17 pagi, Ayu Sartika Siswa MAN Ende dan Yosef F. Karo Leba siswa SMK. Yos Sudarso keduanya merupakan anggota Paskibraka Provinsi NTT mewakil Kabupaten Ende, diman Ayu Sartika sebagai pemegang Baki pada penurunan Bendera sementara Yosef F. Karo Leba posisi pasukan 17.

 

Usai Upacara Bendera dilanjutkan dengan Ziarah Nasional di makam Babo Marilonga dengan Inspektur Upacara, Letkol. Inf. Mochamad Fuad Suparlin, S. I. P.,M.Tr.

 

Pada kesempatan tersebut dilakukan peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara dan Penaburan bunga tabur di makam Babo Marilonga.

 

( Humas Ende/ Helen Mei (eln)).

Addthis
You are here