.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

70 CALON HAJI ASAL ENDE IKUTI MANASIK HAJI

altSebanyak 70 jamaah calon haji asal Kabupaten Ende yang siap berangkat pada tahun 1440H / 2019M, mengikuti bimbingan manasik haji. Kegiatan dimaksud digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende dan dilaksanakan pada tanggal 01 hingga 05 Juli 2019 bertempat di Aula MIN I Ende.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, Drs. Wilhelmus Yohanes Ndoa, M.Pd disambutannya pada acara pembukaan di Aula Min I Ende, Senin (01/07) mengatakan bahwa, Manasik adalah tata cara dan pelaksaan ibadah baik umroh maupun haji sesuai syariah dan merupakan hak yang tidak bisa diabaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji. Dengan mengikuti manasik, setiap jemaah calon haji akan mendapatkan pengetahuan tata cara beribadah haji yang sesuai rukun haji.


Atas nama pribadi dan institusi Kementerian Agama, Kepala Wilhelmus berpesan agar peserta kegiatan dapat mengikuti Manasik dengan baik dan benar serta memenuhi segala peraturan yang telah ditetapkan dengan harapan menjadi haji yang mabrur karena bimbingan manasik haji tersebut bertujuan memberikan wawasan bagi parah jamaah calon haji. Dengan begitu para calon haji akan memiliki gambaran pada saat melaksanakan ibadah haji atau pada saat berada di Tanah Suci. “kita yang telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji haruslah benar-benar berniat berhaji untuk mencari ridha Tuhan bukan hanya untuk perjalanan semata. Saya juga menghimbau kepada peserta manasik haji selama di tanah suci nanti agar selalu memelihara dan jaga kesehatan fisik dan mental dengan sebaik-baiknya, jangan menganggap remeh untuk memelihara kebugaran jasmani dan mental, jangan takabur, jangan sombong, hindari pertengkaran dan kemarahan yang hanya akan merusak ibadah haji yang saudara-saudara laksanakan”, Kata Wilhelmus.alt


Sementara itu Ketua Panitia Ahad Husen dalam laporan tertulisnya mengatakan peserta atau Jamaah calon Haji yang siap berangkat pada tahun 1440 H/2019 M berjumlah 70 0rang terdiri dari : Laki-laki 35 orang dan perempuan 35 orang, yang berasal dari 6 Kecamatan Se-Kabupaten Ende dengan rincian : Kecamatan Ende Selatan : 21 orang, Kecamatan Ende Utara : 14 orang, Kecamatan Ende Timur : 12 orang, Kecamatan Ende Tengah : 7 orang, Kecamatan Pulau Ende : 8 orang serta Kecamatan Nangapanda : 8 orang


Untuk diketahui kita semua animo masyarakat Kabupaten Ende yang sudah mendaftar haji dan masuk dalam daftar waiting List (Daftar Tunggu) Per 30 Juni : 1.008 orang. Untuk pendaftaran tahun 2019 harus rela menunggu 18 tahun untuk bisa berangkat haji”, jelasnya.

 

Kegiatan Manasik Haji bertujuan untuk : Meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang teori manasik haji dan hukum-hukumnya; Meningkatkan kemampuan dan kesiapan fisik calon jemaah dalam mengaplikasikan manasik haji dan praktek; Meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah haji, serta Memupuk Ukhuwah Islamiyah dan persaudaraan sesama jemaah.


Sumber : DusRangga/DiskominfoEnde

Addthis
You are here