.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

MUSRENBANG PROPINSI NTT 2019, ENDE JUARA 1 PERENCANAAN PEMBANGUNAN TERBAIK

altMusyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur, di laksanakan di Kupang, 4 Mei 2019, bertempat di Swis Belinn Kristal Hotel. 

Kegiatan pada hari ini merupakan puncak setelah dua hari yaitu, tanggal 2-3 Mei 2019, dilaksanakan Pra Musrenbang.

Musrenbang tingkat Provinsi NTT tahun ini juga dihadiri oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Bupati dan Walikota, Ketua DPRD Kabupaten/Kota, Forkompinda tingkat Provinsi NTT, Pimpinan LSM, Pimpinan Lembaga Agama, Tokoh Masyarakat dan Stakehoderlainnya.

Musrenbang Kabupaten/Kota adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) di tingkat kabupaten/kota untuk mematangkan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) kabupaten/kota. 

Pematangan rancangan disusun berdasarkan kompilasi seluruh Rancangan Rencana Kerja Satuan Perangkat Desa (Renja SPD) hasil forum SKPD dengan cara meninjau keserasian antara seluruh rancangan Renja SKPD. Kemudian, hasilnya nanti digunakan untuk pemuktahiran Rancangan RKPD dengan merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Dengan demikian, musrenbang menjadi arena strategis untuk para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah.

Sejalan dengan tema pembangunan nasional tahun 2020 yaitu “Peningkatan SDM untuk Pertumbuhan Berkualitas”, maka Tema Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2020 adalah “Peningkatan Kualitas SDM melalui Akses dan Mutu Pelayanan Dasar serta Pengembangan Pariwisata sebagai Penggerak Utama Ekonomi Berbasis Masyarakat”.

Tema tersebut sejalan dengan arah kebijakan RPJMD untuk tahun 2020, yang diarahkan untuk pengembangan SDM, dan arahan periode keempat RPJPD Provinsi NTT 2005-2025, seperti dilansir situs resmi Bappeda NTT.

Sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan pusat, provinsi dan kabupaten/kota,serta meningkatnya partisipasi masyarakat dan semua pelaku pembangunan termasuk pemanfaatan berbagai sumber pendanaan diharapkan, untuk mencapai target pembangunan tahun 2020 yang telah disepakati antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Kabupaten Ende Raih Juara

Dalam kegiatan Musrengbang provinsi NTT tahun 2019 ini, juga diberikan penghargaan kepada kabupaten/kota yang dinilai berprestasi.

Kabupaten Ende, dalam Musrengbang kali ini meraih penghargaan sebagai Kabupaten dengan Perencanaan Pembangunan Terbaik tingkat provinsi NTT. Kabupaten Ende yang diwakili wakil bupati, Achmad Djafar menerima secara langsung penghargaan dari wakil gubernur NTT, Naisoi dalam kegiatan tersebut.

Kabag Humas Pemda Ende, Gabriel Dala membenarkan hal itu. 

“Bapak wakil pupati Ende menerima Penghargaan dari Wagub NTT pada kegiatan Musrenbang Prov NTT Tahun 2019, sebagai Kabupaten dengan Perencanaan Pembangunan Terbaik Pertama Kabupaten se-Propinsi NTT Tahun 2019”, kata Gabriel dihubungi media ini.

Penghargaan yang diterima oleh kabupaten Ende ini memang telah diduga sebelumnya sebab kabupaten Ende merupakan pemenang kategori Perencanaan Pembangunan terbaik ke 2 se Indonesia pada tahun 2017.

Padahal penilaian yang dilakukan pemerintah pusat dalam menentukan juara saat itu sangat ketat. Penilaian dilakukan secara komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah. Selain itu, penjurian dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan. 

Karena itu sebagai pemenang ditingkat pusat, kabupaten Ende nampaknya tampil percaya diri dalam Musrenbang provinsi NTT tahun ini.

Untuk diketahui, pada Musrenbang tingkat yang sama pada tahun sebelumnya, Ende mendapat penghargaan di dua kategori. Pertama, sebagai kabupaten dengan presentase kemiskinan terendah nomor 3, dan kedua, kabupaten Ende meraih juara pertama Anugerah Pangripta Nusantara, atau RKPD Terbaik.

 Sumber endeh.id (ARA/RL)

Addthis
You are here