.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PIDATO PERDANA, BUPATI MARSEL SAMPAIKAN CAPAIAN PEMBANGUNAN PERIODE 2014 - 2019

altBerkat dukungan dan kerjasama kita selama (5) lima tahun dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mencapai visi “Mewujudkan Karateristik Kabupaten Ende dengan Membangun dari Desa dan Kelurahan Menuju Masyarakat yang Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan, telah banyak hasil positif yang dicapai. Hal ini tergambar dari capaian 241 indikator pembangunan Kabupaten Ende yang termuat dalam RPJMD Kabupaten Ende Tahun 2014-2019. Bupati Ende, Ir. Marselinus Y. W. Petu mengatakan ini dalam pidatonya di Gedung DPRD Ende Pada Sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ende Tentang Pidato Perdana Bupati Ende Periode 2019 -2024, Rabu (10/04/2019).

 

 Pada kesempatan tersebut Bupati Marsel memaparkan Progres makro pencapaian pembangunan secara kuantitatif selama masa kepemimpinan bersama wakil Bupati Bapak H. Djafar H. Achmad    periode 2014 – 2019 yaitu :

 

Misi I (pertama) Pendidikan. Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan kesejahteraan dan kualitas para tenaga pendidik yang telah kita lakukan telah berhasil meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan dari waktu ke waktu. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya capaian 29 indikator kinerja misi pendidikan dalam kurun waktu 2014-2018 yakni dari sebesar 62,50% ditahun 2014 menjadi 88,84% di tahun 2018. Progres pencapapaian pada misi pendidikan telah mencapai kategori TINGGI.

 

Demikian pula halnya dengan Misi II Kesehatan. Pembangunan bidang kesehatan yang kita lakukan selama 5 tahun telah mampu meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, bukan hanya di derah perkotaan tetapi mulai dirasakan juga di daerah pedalaman dan terpencil.

 

Telah terjadi peningkatan capaian 51 indikator kinerja misi kesehatan, yakni dari 58,44% di tahun 2014 menjadi menjadi 72,84% di tahun 2018. Hal ini telah menaikkan progres pada misi kesehatan dari kategori RENDAH ke kategori SEDANG. Seiring dengan peningkatan kapasitas fiskal Desa dari tahun ke tahun, dukungan dan pengintegrasian dana desa untuk membiayai tenaga kesehatan serta pembangunan sarana dan prasarana kesehatan desa sangat diharapkan, sehingga peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di desa akan semakin membaik.

 

Selanjutnya Misi III Ekonomi dan Pariwisata. Berbagai upaya pengembangan ekonomi produktif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pendapatan per kapita masyarakat dan pengembangan potensi-potensi desa yang berkarakteristik terus dilakukan sehingga dapat berhasil guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ende. Pencapainnya telah ditunjukkan dengan meningkatnya 63 indikator kinerja misi ketiga, yakni sebesar 61,63 % di tahun 2014 menjadi 76,64 % di tahun 2018. Hal ini telah menaikkan progress misi ketiga pada tataran kategori TINGGI.

 

Misi IV Infrastruktur dan Lingkungan Hidup. Upaya meningkatkan konektivitas antar wilayah yang berkualitas telah kita lakukan, terutama melalui pembangunan 5 (lima) ruas jalan paralel serta jalan-jalan strategis lainnya.

 

Selain itu, pengembangan sarana irigasi, air minum bersih dan sanitasi, pembangunan drainase, dan penanganan persampahan serta penataan kawasan kumuh terus kita upayakan. Hasilnya ditunjukkan oleh capaian 26 indikator kinerja misi IV yang mengalami peningkatan, dari 78,26 % di tahun 2014 menjadi 89,71 % di tahun 2018 dengan kategori TINGGI.

 

Selanjutnya Misi V Penataan Birokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat. Penguatan ASN di berbagai level dan tingkatan pemerintah telah dilakukan, terutama dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan pembangunan daerah serta penguatan aparatur desa dan partisipasi masyarakat dalam mengelola dan mempertangungjawabkan dana desa, sehingga hasil pembangunan yang dilaksanakan mampu memandirikan desa dan menuntaskan kemiskinan masyarakat desa. Pencapaiannya ditunjukan oleh 29 indikator kinerja misi V yakni dari sebesar 74,38 % di tahun 2014 menjadi 95,14% di tahun 2018 dengan kategori sangat TINGGI.

 

Di akhir pidatonya Bupati Marsel mengharapkan dukungan dari semua komponen masyarakat agar dalam bingkai kerja sama dan sama-sama bekerja kita mulai membangun kabupaten Ende dengan mengedepankan kerja cepat, kerja cerdas dan kerja profesional, agar upaya dapat mewujudkan masyarakat Ende yang Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan dapat terwujud. “Bersama kita Bisa”

 

DusRangga/DiskominfoKab.Ende

Addthis
You are here