.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

“MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT ENDE BERBUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA” PADA PERINGATAN BULAN K3 NASIONAL TAHUN 2019 TINGKAT KABUPATEN ENDE

altApel Pemperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Ende berlangsung di Halaman Kantor Bupati Ende, Senin (4/3/2019). Apel yang dipimpin Bupati Ende Ir. Marselinus Y.W Petu mengangkat thema “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Ende Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja”

 

Mengawali sambutannya Bupati Marsel mengajak masyarakat khususnya pekerja untuk secara sadar dan mandiri tentang arti pentingnya keselamatan dan kesehatankerja. Sehebat dan sebagus apapun program ataupun upaya yang dilakukan pemerintah untuk memberikan perlindungan maupun jaminan kesehatan dan keselamatan kerja namun apabila masyarakat dalam hal ini pekerja tidak secara sadar untuk memperhatikan keselamatan maupun kesehatan kerja maka semuanya akan sia-sia.

 

Lanjut Bupati Marsel Kegiatan Apel Bulan K3 ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap pengusaha dan tenaga kerja. Sebab kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat disamping itu meningkatnya kecelakaan kerja akan mempengaruh indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional.

 

Tambahnya UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan secara jelas telah mengamanatkan apa yang menjadi kewajiban pengusaha/pemberi kerja bagi para pekerja terkait kesehatan dan kesejahteraan pekerja. Oleh karena itu para pengusaha wajib menjalankan apa yang telah diamanatkan undang-undang tersebut dan pemerintah melakukan fungsi pengawasan dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran Peraturan Perundang-undangan Ketenagakerjaan.

 

Diakhir sambutannya menyampaikan “Saya bersama Wakil Bupati H. Djafar H. Achmad menaruh harapan kepada semua agar dengan kehadiran BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan di Kabupaten Ende, tidaklah berkelebihan apabilah kita menjadi contoh bagi Kabupaten-kabupaten di daratan Flores dan Lembata, dimana kita peduli pentingnya perlindungan terhadap tenaga kerja dan kami mengajak untuk selalu bekerja sama, mendukung dan merealisasikan program tersebut khususnya kepada pihak BUMN/BMND/PT/CV/Yayasan Persekolahan /yayasan Perguruan Tinggi di Kabupaten Ende dan semua pihak yang peduli akan perlindungan tenaga kerja ”Daftarkan Pekerja/karyawan kita pada program Perlindungan Tenaga Kerja. Jadikan kabupaten kita yang terbaik dalam Perlindungan Tenaga Kerja dan Berbudaya K3”

 

Densy Wejor/Diskominfo Kab. Ende

 

Addthis
You are here