.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

RENCANA PEMBANGUNAN HARUS DIFOKUSKAN PADA PROGRAM YANG LANGSUNG MENJAWAB KEBUTUHAN MASYARAKAT

altRencana pembangunan Kabupaten Ende harus lebih banyak difokuskan pada program-program yang langsung menjawab kebutuhan masyarakat dengan mendekatkan program-program prioritas yang lebih efektif dan tepat sasaran. Bupati Ende, Ir. Marselinus Y. W. Petu menegaskan hal ini dalam sambutan tertulisnya berupa pokok-pokok pikiran Bupati Ende yang dibacakan Camat Maurole, Leni Fransiskus saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD di Aula Kantor Camat Maurole, Rabu (13/02/19).

Menurut Bupati Marsel, Adanya pengalokasian Dana Desa dari APBN yang cukup besar dan pengalokasian dana pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan harus direspon dan dikelola secara bijak untuk menghasilkan pembangunan yang bersifat produktif serta mampu mengatasi permasalahan ril yang ada di masyarakat.

 

 

Musrenbang tahun 2019 ini, lanjut Bupati Marsel, akan menghasilkan dokumen Rencana Kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Ende Tahun 2020 yang merupakan tahun pertama dari pelaksanaan RPJMD tahun 2019 – 2024. Ini menjadi pijakan strategis untuk melanjutkan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat yang berkarakteristik dan berbasiskan pariwisata yang kemudian ditetapkan sebagai tema pembangunan Kabupaten Ende tahun 2020.

 

 

Di awal sambutanya Bupati Marsel juga memaparkan beberapa capaian program pembangunan selama periode pertama 2014 – 2019 masa kepemimpinan Marsel – Djafar. Berkat dukungan dan kerjasama selama 5 tahun perjalanan pembangunan Kabupaten Ende telah banyak capaian yang dirasakan di berbagai bidang terutama di lima bidang prioritas pembangunan. Di Bidang Pendidikan, adanya pembangunan sarana prasarana telah berhasil meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan dari waktu ke waktu, serta upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas para tenaga pendidik. Di Bidang Kesehatan, telah mampu meningkatkan akses pelayanan kesehatan, baik di kota maupun di desa, pedalaman dan terpencil. Di Bidang Ekonomi dan Pariwisata, berbagai sektor ekonomi masyarakat dan potensi-potensi desa yang berkarakteristik dan destinasi pariwisata tumbuh secara baik dan akan terus dikembangkan juga pemasarannya. Pemerintah juga melaksanakan even-even pariwisata berskala nasional untuk membuka ruang sebesar-besarnya bagi pemasaran usaha masyarakat dan pemerintah akan terus membuka akses transportasi. Di bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, Peningkatan konektivitas antar wilayah telah dan terus dilakukan berupa pembangunan 5 ruas jalan paralel dan jalan-jalan strategis lainnya, pembangunan sarana irigasi, air minum bersih dan sanitasi, pembangunan drainase, penanganan sampah, penataan kota serta pembinaan dan penataan kawasan kumuh. Di Bidang Penataan Birokrasi dan pemberdayaan Masyarakat, penataan Aparatur Sipil Negara di berbagai level di tingkat Pemerintah Kabupaten Ende telah dilakukan terutama dalam merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan daerah. Penguatan aparatur desa dan berupaya mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola pertanggungjawaban dana desa secara baik dan benar.

 

 

Sebelum mangakhiri sambutannya, Bupati Marsel mengingatkan bahwa pada tanggal 17 April 2019 nanti akan dilaksanakan agenda demokrasi berupa pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan Angggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten secara serentak. Sebagai pimpinan daerah ini, saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Ende agar menjaga situasi yang kondusif di wilayah masing-masing.

 

 

Kegiatan Musrenbang RKPD Kecamatan Maurole dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Ende dan beberapa anggota, Camat Maurole dan pimpinan UPTD, Bapak Kapolsek, Danramil, Para Pimpinan OPD Pemkab Ende, Para Kepala Desa se-Kecamatan Maurole beserta para delegasi, Kepala BUMN/BUMD se-Kecamatan Maurole, Kepala Sekolah, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, dan para undangan lainnya.


DusRangga/DiskominfoKabEnde

Addthis
You are here