.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KMLG KEMBANGKAN KAPASITAS DIRI PEMBINA

Kegiatan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan Golongan Penggalang (KMLG) menjadi momen yang tepat bagi semua pembina Pramuka untuk bisa mengembangkan kapasitas diri dan keterampilan sehingga pada gilirannya dapat mendampingi peserta didik binaannya

 

Bupati Ende, Ir. Marselinus Y. W. Petu mengatakan ini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Yohanes Vitalis Tote,SH saat membuka kegiatan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan Golongan Penggalang (KMLG) bagi para pembina di Kabupaten Ende, Nagekeo dan Manggarai Timur.

 

Menurut Bupati Marsel Petu, keberhasilan gerakan Pramuka salah Satu ditentukan oleh kredibilitas seorang pembina, dimana mampu menjadikan anggota Pramuka sebagai pribadi tangguh, handal, mandiri dan berkarakter sehingga berkat dampingan para pembina yang handal, anggota Pramuka akan memiliki kemampuan dasar sebagai anggota Pramuka yang tentunya menjadi bekal bagi dirinya dalam mengangkat seluruh kreativitasnya mengikuti setiap kegiatan kepramukaan dan ini tentunya berguna bagi dirinya saat bersosialisasi dengan rekan-rekannya maupun lingkungan sekitar.

 

Sementara Ketua Pusat Pendidikan dan latihan, Kwarcab Ende, Drs. H. Ahmad Abdul Gefar dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya Pembina dan pembantu pembina Pramuka baik di gugus depan maupun di Satuan Karya Pramuka.

Kondisi ini demikian Abdul Gegar disebabkan belum banyak para Pembina Pramuka yang terlatih dan terdidik melalui pendidikan orang dewasa yaitu melalui Kursus Mahir Dasar (KMD) maupun Kursus Mahir Lanjutan (KML).

 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini kata Abdul Gefar adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui Kepramukaan dalam Satuan Pramuka Perlindungan Siaga, Pasukan Penggalang, Amalan Penegak dan Raganya pandega.

 

Tambahnya, Kegiatan KLMG tersebut dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Bheramari Kecamatan Nangapanda berlangsung dari tanggal 21 s/d 26 Januari dan diikuti 50 peserta dari Kwartir Cabang Nagekeo dan Kwartir Cabang Ende.

 

(Humas Ende/ Helen Mei(eln)(15).

Addthis
You are here