.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

SOSIALISASI /BIMTEK APLIKASI SPSE VERSI 4.3 BAGI POKJA PBJ DAN PPK

altBupati Ende Ir. Marselinus Y.W Petu melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Ende Nyo Kosmas, SH membuka secara resmi Kegiatan Sosialisasi/Bimtek Aplikasi SPSE Versi 4.3 bagi Pokja Pemilihan PBJ dan PPK Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Ende bertempat di Ruang LPSE Dinas Kominfo Kabupaten Ende, Senin (10/12/2018).

 

Mengawali sambutannya Bupati Menyampaikan bahwa semenjak 1 Juli 2018, diberlakukan peraturan baru tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 dimana terdapat 12 hal baru pada Perpres tersebut, yaitu meliputi Tujuan Pengadaan, Pekerjaan Terintegrasi, Perencanaan Pengadaan, Swakelola, Repeat Order, E-Reverse Auction, Pengecualian, Penelitian, Penelitian, E-Marketplace, Layanan Penyelesaian Sengketa.

 

Menurut Bupati Marsel, Pepres ini menekankan bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah tidak sekedar mencari harga termurah dari penyedia. Tujuan pengadaan saat ini berubah menjadi menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, dikukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya dan penyedia (Value for Money), oleh karena itu perencanaan pengadaan memegang peranan yang sangat penting dan strategis karena karena proses pengadaan yang tidak direncanakan dengan baik akan berakhir /bermuara pada permasalahan pengadaan akhir tahun yang berpotensi manjadi temuan auditor/APH. Hal ini tidak lepas dari peran Pejabat Pembuat Komitmen dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan pengadaan awal sampai akhir proses sesuai pepres 16 Tahun 2018 pasal 11 ayat 1 point a.

 

Sebagai implementasi Perpres 16 Tahun 2018 membawa suasana baru pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), banyak pembaharuan aplikasi mulai dari sisi teknis penggunaan sampai dengan regulasi yang mengaturnya yaitu Aplikasi SPSE Versi 4.3 dimana sejak 1 Januari 2019 seluruh Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota diharuskan menggunakan Aplikasi SPSE Versi 4.3 dalam proses dan pelaksanaan pengadaan dengan demikian aplikasi SPSE dibawah versi 4.3 tidak dapat digunakan lagi.

 

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Ende Drs. Supriyanto, MT dalam Laporan Panitianya mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi/Bimtek ini untuk meningkatkan Kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen, Pokja dan Tim LPSE dalam bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah juga sebagai langkah awal dalam mempersiapkan PPK/Pokja Pemilihan/Tim LPSE dalam pelaksanaan perencanaan Barang/Jasa dan diterapkannya Aplikasi Versi 4.3 pada Tahun 2019.

 

Kegiatan Sosialisasi/Bimtek ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 10 s/d 12 Desember 2018 yang menghadirkan Narasumber dari Bagian Administrasi dan LPSE pada Biro PJB Setda Propinsi NTT dan diikuti 62 peserta terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmen, Tim LPSE, Pokja/PP, Pejabat Pengadaan dan Kepala UKPBJ.

 

Densy Wejor/Diskominfo Kab. Ende

 

 

Addthis
You are here