.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PEMERINTAH KENDALIKAN HARGA BBM SUBSIDI

Harga Bahan Bakar Minyak BBM bersubsidi ditetapkan dan dikendalikan oleh pemerintah, oleh karena itu harganyapun harus sama di seluruh Indonesia. Tetapi realitanya selama ini terjadi perbedaan perlakuan harga yang di terima rakyat di seluruh Indonesia.

 

Anggota Dewan Energi Nasional DR. Sonny Keraf menyampaikan ini saat memberikan sambutan pada peresmian BBB Satu Harga di seluruh Indonesia yang untuk wilayah kabupaten Ende berlangsung di SPBU Nelayan Paupanda Kecamatan Ende Selatan, Jumat (22/11/18).

 

Kondisi kurang adilnya pemberlakuan harga BBM ini baru terjawab pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dimana presiden Joko Widodo berani memutuskan memberlakukan Per Satu Januari 2018 BBM bersubsidi seperti solar/Premium khususnya di seluruh Indonesia Satu Harga.

 

Menurut Sony Keraf, ini keputusan kecil tetapi butuh keberanian yang besar karena dibelakangnya ada makna yang sangat dalam.

Dirinya demikian Sony, merasa bersyukur karena diminta untuk meresmikannya di kota Ende, dimana dari kota Ende ini lahirnya ide mengenai Pancasila dan salah satu Silabus yang direnungkan Bung Karno yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

"Bagaimana mungkin kita mewujudkan keadilan sosial yang disepakati oleh para pendiri Republik Indonesia kalau harga BBM diberlakukan tidak sama, tidak adil antara berbagai daerah di seluruh Indonesia" ujar Sony

 

Jelas Sony, keberanian Presiden Jokowi sebagai Presiden Indonesia dengan segala konsekuensinya termasuk konsekuensi yang harus ditanggung Pertamina juga konsekuensi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara merupakan sebuah keputusan besar merealisasikan mimpi Bung Karno ketika Bung Karno berinteraksi dengan para tokoh di Ende ketika diasingkan di wilayah ini dan kemudian melahirkan Pancasila yang salah satu Silabus Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Sementara Bupati Ende Ir Marselinus Y W. Petu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Cosmas Nyo mengatakan dengan diresmikannya BBM Satu Harga ini akan memberikan support Pemerintah Kabupaten Ende untuk mengimplementasikan kebijakan BBM Satu Harga ini di bumi Triwarna Kota Pancasila.

 

Disamping itu, pemberlakuan BBM Satu Harga ini geliat ekonomi di kabupaten Ende semakin meningkat yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah karena didukung distribusi BBM yang berjalan baik dan mudah dengan harga yang terjangkau.

 

(Humas Ende/ Helen Mei (eln))

Addthis
You are here