.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PEMBANGUAN SARANA AIR BERSIH MELALUI PROGRAM PAMSIMAS

altBupati Ende Ir. Marselinus Y.W Petu melakukan peresmian dan serahterima Pekerjaan Pembangunan Sarana Air Bersih Program Pamsimas II Tahun 2018 Melalui Program Penyediaan Air Minum berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Tahun 2018 Desa Boafeo Kecamatan Maukaro, Kamis (22/11/2018).

 

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan “Saya bersama wakil Bupati Drs. H. Djafar H. Achmad secara bertahap memprioritas pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat”. Tersedianya air minum yang berkualias untuk dikonsumsi masyarakat maka akan semakin meningkat pula kualitas hidup masyarakat. Bupati bersama Wakil Bupati Ende pun memberikan apresiasi kepada semua pihak karena melalui Program Pamsimas I sampai dengan Pansimas III telah berhasil memberikan kontibusi dalam penanganan permasalahan pembangunan Air Bersih dan Sanitasi serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pola pemberdayaan masyarakat.

 

Program ini lanjut Bupati merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap palayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan yaitu : 100% Akses Air Minum Bersih dan 100% Akses Sanitasi serta bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat yang kurang terlayani terutama masyarakat yang kurang terlayani terutama masyarakat di wilayah pedesaan sehingga dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi dalam rangka pencapaian target akses air minum dan sanitasi pada Tahun 2019.

 

altPada kesempatan ini pula Bupati Marsel menyampaikan, bahwa berhasil tidaknya program pembangunan di suatu wilayah termasuk desa sangat tergantung dari keterlibatan dan dukungan masyarakat. Karena sehebat dan sebagus apapun program pemerintah selama masyarakat tidak mendukunh maka semua program akan sia-sia. Hal ini dikatannya mengingat pada beberapa wilayah program pemerintah berupa penyediaan sarana/prasarana terhambat karena danya persoalan pada masyarakat sendiri terutama klaim atas kepemilikan tanah khususnya yang akan dilewati jalur air minum. Kondisi seperti ini apabila terus terjadi dan dibiarkan maka masyarakat sendiri yang akan mengalami kerugian, karena kesalahan masyarakat sendiri.

 

Setelah berjalan kurang lebih 4 tahun, terdapat 35 desa di Kabupaten Ende yang telah memiliki manfaat dari program PAMSIMAS melalui penyediaan infrastruktur seperti air bersih dan fasilitas sanitasi. Dan telah memberikan nilai positif kepada masyarakat desa karena ketertibatan dan pastisipasi aktif warga dimulai sejak proses perencanaan, pelaksanaan, pengoperasian serta pemeliharaannya sedangkan fasilitator hanya melakukan pendampingan dalam hal perencanaan pekerjaan dan mengelola sebuah pekerjaan.

 

Disampaikannya pula bahwa Pelaksanaan Program PAMSIMAS III Tahun 2018 di kabupaten Ende tersebar pada 10 desa di 6 (enam) wilayah kecamatan dimana Desa Boafeo Kecamatan Maukaro merupakan desa pertama yang telah menyelesaikan pekerjaan fisik 100% dan siap untuk dilakukan peresmian dan serah terima pemakaiannya kepada masyarakat sebagai pengelola dan pemanfaat program ini.

 

Diakhir sambutannya Bupati Marsel berharap semoga sarana Air Minum Bersih ini bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan Air Bersih bagi Mayarakat Desa Boafeo.

 

Densy Wejor/Diskominfo Kab. Ende

 

Addthis
You are here