.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PEMKAB ENDE GELAR BIMTEK SIMDA PERENCANAAN

Pemerintah kabupaten Ende melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Sistim Informasi Pembangunan Daerah (SIMDA) Perencanaan Kabupaten Ende Tahun 2018.

 

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan hingga tanggal 23 Nopember tersebut dipusatkan di aula pertemuan Hotel Flores Mandiri Jln. Melati dan dibuka Bupati Ende Ir. Marselinus Y. W. Petu.

 

Saat menyampaikan Sambutan Bupati Marsel Petu menegaskan, sesuai amanat Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa perencanaan pembangunan daerah harus didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan salah satu elemen penting dalam SIPD adalah E-planning.

 

Menurut Bupati Marsel Petu, pengembangan E-planning di Kabupaten Ende bukanlah hal baru, karena sebelumnya telah dikembangkan aplikasi TiwuteluPlan.

 

Sejalan dengan tuntutan integrasi dengan elemen-elemen SIPD yang lain seperti E-Database, E- Budgeting dan E-Reporting demikian Bupati Marsel, maka melalui kerjasama dengan BPKP dikembangkan Aplikasi SIMDA PERENCANAAN, dimana aplikasi ini menjadi strategis karena akan terkoneksi dengan aplikasi SIMDA KEUANGAN yang selama ini telah digunakan di Kabupaten Ende.

 

 

Ketua Panitia Penyelenggara, Kabid Perencanaan Pembangunan IV pada BAPPEDA Ende, Adrianus Yosafat Muda, ST dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas Operator Sunda Perencanaan pada masing-masing Perangkat Daerah, sehingga mampu menggunakan aplikasi SIMDA Perencanaan dalam penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran 5 (lima) tahunan yang berkualitas, tepat sasaran dan tepat waktu.

 

Peserta kegiatan Bimtek ini jelas Adios Muda, adalah para kasubag Program/Staf Teknis yang ditunjuk sebagai operator SIMDA Perencanaan serta Kabid dan Kasubid pada BAPPEDA .


(Humas Ende/Helen Mei (eln))

Addthis
You are here