.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

GEOPARK KELIMUTU - ENDE MENCAKUP 10 KECAMATAN

altPembentukan geopark sesuai rencana awal yang terletak di Kabupaten Ende mencakup 10 kecamatan yaitu Kecamatan Ende Selatan, Kecamatan Ende Tengah, Kecamatan Ende Utara, Kecamatan Ndona, Kecamatan Detusoko, Kecamatan Ndona Timur, Kecamatan Kelimutu, Kecamatan Wolojita, Kecamatan Wolowaru, dan Kecamatan Lepembusu Kelisoke. Cakupan wilayah ini akan berkembang sesuai dengan dinamika forum seiring dengan eksplorasi potensi wisata sebagai input geopark di Kabupaten Ende ini.

Geopark merupakan hubungan antar komponen yang di dalamnya ada keragaman geologi, biologi dan budaya, digunakan sebagai instrumen pembangunan daerah yang berkelanjutan di Kabupaten Ende, dengan konsep pengembangannya berdasarkan pada aspek konservasi, aspek pendidikan, dan aspek pertumbuhan ekonomi lokal mandiri, yang secara aktif melibatkan masyarakat setempat sebagai subjek dalam proses pengembangannya. Hal ini disampaikan Bupati Ir. Marselinus Y.W. Petu dalam sambutannya pada Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kawasan Geopark Kelimutu – Ende, bertempat di Lantai II Kantor Bupati Ende, Kamis ( 15/11/2018).


Menurut Bupati Marsel, dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan Bupati bersama Wakil Bupati H. Djafar H. Achmad selalu berpijak pada visi Pemerintah Kabupaten Ende yaitu mewujudkan karakteristik masyarakat Kabupaten Ende dengan membangun dari desa dan kelurahan menuju masyarakat yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan melalui strategi pembangunan yang berbasisikan pariwisata sebagai penggerak utama pembangunan Kabupaten Ende. Hal ini tentunya sejalan dengan visi dan misi Gubernur Nusa Tenggara Timur Bapak Viktor B. Laiskodat yang menjadikan pariwisata sebagai lokomotif penggerak ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Lanjutnya, Sinkronisasi kebijakan pembangunan ini, menjadi kekuatan dan spirit bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Ende untuk serius dan antusias bersama stakeholders dan masyarakat Ende, terus mengembangkan potensi pariwisata sebagai sumber pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Upaya-upaya pengembangan telah dilakukan dan saat ini pemerintah Kabupaten Ende menangkap issue geopark sebagai langkah strategis pengembangan pariwisata dengan tiga basis utama yakni geo diversity, bio diversity dan cultur diversity” Jelas Bupati Marsel. 

 

Di hadapan para undangan dan para Pegiat Pariwisata Kabupaten Ende Bupati Marsel menyampaikan harapannya agar secepatnya Geopark Kelimutu-Ende mendapat Sertifikat Geopark Nasional dan Global Geopark Network Unesco. “Melalui kesempatan ini, saya memberikan nama geopark ini adalah “Geopark Kelimutu – Ende” yang tersebar di beberapa kecamatan dan kawasan Danau Kelimutu sebagai corenya. Dengan ditetapkannya Geopark Kelimutu-Ende, kita akan berproses agar Geopark Kelimutu-Ende mendapat Sertifikat Geopark Nasional dan Global Geopark Network. Untuk mewujudkan ini perlu inisiasi dan kolaborasi kekuatan kolektif yang terdiri dari 5 komponen penting yakni pemerintah yang terdiri dari Pemerintah Desa/Kelurahan sampai dengan Pemerintah Pusat), akademisi, BUMN/D, media massa dan komunitas.”, tegas Bupati Marsel.alt


Lebih lanjut Bupati Marsel menjelaskan bahwa pembentukan Geopark Nasional Kelimutu-Ende ini merupakan peluang yang sangat baik untuk memperkenalkan seni budaya, objek wisata, serta kekayaan geologi yang ada di Kabupaten Ende. Tujuan dibentuknya Geopark Kelimutu-Ende untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata, Pendapatan Asli Daerah (PAD), perekonomian masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan perlindungan konservasi alam menuju Unesco Global Geopark Network.


Pada kesempatan ini, Bupati bersama Wakil Bupati Ende, menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak prof. Dr. Deny Juanda Puradimaja dan rekan-rekan dari Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu Jawa Barat, yang telah bersedia meluangkan waktu untuk melakukan pendampingan pembentukan Geopark Kelimutu-Ende dan juga membantu Pemerintah Kabupaten Ende untuk menyelesaikan kendala seperti keterbatasan pendanaan dan lainnya, dengan membangun komunikasi dan jaringan dengan pihak lain seperti Biofarma dan lainnya. Tidak lupa Bupati memberi apresiasi bagi seluruh pihak yang telah bahu membahu dan bekerja sama, serta memberikan bantuan baik moril maupun materiil, demi persamaan persepsi dalam usulan pembentukan Geopark Kelimutu-Ende ini.

 

Sumber : Dus Rangga/Diskominfo Ende

Addthis
You are here