.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

DINKES ENDE GELAR SOSIALISASI GERAKAN MADURIA

Dinas Kesehatan Kabupaten Ende bekerja sama dengan PERDHAKI ( Persatuan Karya Darma Kesehatan Indonesia) menggelar Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Gerakan Masyarakat Peduli Malaria ( MADURIA) pada Selasa (30/10/2018) bertempat di Hotel Grand Wisata, Jalan Kelimutu Ende.


Sambutan Bupati Ende, Ir. Marselinus Y. W. Petu yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, Dr. dr. Agustinus Gadja Ngasu, M.Kes,pada pembukaan kegiatan dimaksud mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Gerakan Masyarakat Peduli Malaria ini dalam rangka Mendukung Percepatan Eliminasi Malaria di Kabupaten Ende Tahun 2022.


Menyikapi hal ini maka Pemerintah Kabupaten Ende, memasukan sektor kesehatan menjadi salah satu program strategis dalam 3 (tiga) program Strategis Pembangunan Kabupaten Ende, dimana ketika manusia-manusia Ende sehat maka berbagai program pembangunan diwilayah ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama bagi terwujujudnya Masyarakat Ende yang Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan.


Lebih lanjut Bupati Marsel mengatakan Prioritas penyakit menular saat ini masih tertuju pada 3 (tiga) penyakit utama yang memiliki andil cukup besar penyumbang angka kematian di Indonesia, antara lain HIV/AIDS, TB dan Malaria.

Penyakit malaria demikian kata Bupati Marsel, dapat menyebabkan anemia dan dapat menurunkan produktivitas kerja, harus diakui bersama sesuai data Dinkes Propinsi NTT, Kabupaten kita memiliki angka kesakitan malaria cukup tinggi, oleh karena itu Kemenkes RI telah berkomitmen menuju eliminasi malaria secara bertahap sejak tahun 2010 – 2030. Khusus NTT sendiri melalui Peraturan Gubernur nomor 11 Tahun 2016 juga telah berkomitmen bahwa NTT akan eliminasi malaria pada Tahun 2023. Dan untuk Kabupaten Ende kita sudah berkomitmen Ende akan eliminasi malaria Tahun 2022.


Guna mewujudkan apa yang menjadi tekad dan komitmen kita maka sangat dibutuhkan untuk mencapai eliminasi malaria tahun 2022 adalah pelayanan yang berkualitas dan terintegrasi dengan kolaborasi peran agar mulai mencoba secara bertahap mengatasi penyakit malaria dapat dieliminasi dari wilayah kita, kata Bupati Marsel.


Pada kesempatan ini, Bupati Marsel menyampaikan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah berkontribusi dalam program penanggulangan malaria di Kabupaten Ende tercinta.


Hadir pada kegiatan sosialisasi dimaksud,pimpinan OPD, para Camat se Kabupaten Ende, Ibu Ketua TP. PKK Se Kabupaten Ende Ketua Organisasi Profesi bidang Kesehatan, para Kepala Puskesmas serta undangan lainnya.


ValentinaNong/DiskominfoEnde

Addthis
You are here