.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PROGRAM KAMPUNG KB WUJUDKAN MASYARAKAT SEJAHTERA

altKegiatan Pencanangan Kampung KB sebagai salah satu bentuk intervensi pemerintah bagi percepatan pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana dari Tingkat Pusat dan Daerah. Pemerintah menyadari bahwa Program Pencanangan Kampung KB akan mempermudah upaya pemerintah wujudkan masyarakat yang semakin sejahtera, sehingga pada kegiatan Pencanangan Kampung KB ini keterlibatan dan partisipatif aktif masyarakat menjadi hal yang terpenting, karena muara akhir dari kegiatan ini adalah kepentingan masyarakat itu sendiri dalam hal ini keluarga. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM dalam sambutannya pada kegiatan Pencanangan Kampung KB untuk Desa Rendoraterua, Ndoriwoi, Redorori, Kazo Kapo dan Paderape di Kecamatan Pulau Ende, Kamis (18/10/2018)

Menurut Wabup Djafar pembangunan keluarga sebagai dasar pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana, tidak hanya pada masalah pembangunan keluarga berencana dan keluarga sejahtera saja, namun juga menyangkut pendendalian penduduk, sehingga kunci utama keberhasilan Program Pencanangan Kampung KB ini sangat tergantung dari keterlibatan masyarakat.

Salah satu penyebab pertumbuhan penduduk yang pesat, lanjut Wabub Djafar disebabkan angka kelahiran yang masih tinggi yang menjadi sumber kemiskinan juga akan menghambat pertumbuhan ekonomi yang berdampak akan meningkatkan beban pemerintah dalam penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk, seperti penyediaan pangan, sandang, papan, sarana pra sarana kesehatan, pendidikan, lapangan kerja dan lainnya.

altTambahnya Pencanangan Kampung KB ini dimaksudkan untuk menggerakan kembali program kependudukan dan keluarga berencana, agar manfaat KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin padat penduduk, tertinggal dan wilayah nelayan, disisi lain pelaksanaan program ini lebih terfokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap fasilits kesehatan.

Diakhir sambutannya Wabup Djafar bersama Bupati mengharapkan kepada pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat agar terlibat aktif mendukung penuh kesuksesan Kampung KB, “Kembangkan kerjasama antar Lintas sektor, seperti Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat dan Organisasi kemasyarakatan agar program ini semakin memasyarakat”.

Densy Wejor/Diskominfo Ende

Addthis
You are here