.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

TEATER MARILONGA SIAP PENTAS DI PERINGATAN HARI PAHLAWAN 2018

altPemerintah Kabupaten Ende mempersiapkan penampilan Teater Marilonga untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 Tingkat Kab. Ende 10 November mendatang.


Hal ini disampaikan oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Kornelis Wara, S.Sos pada saat pembentukan Panitia Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 di ruang kerjanya, Jumad (12/10).


Penampilan Teater Marilonga ini nanti akan mengisahkan tentang kisah hidup dan sejarah perjuangan Marilonga melawan penjajah Belanda, kata Kornelis Wara.


Menurut Kornelis Wara teater ini ditampilkan dengan tujuan untuk mengenang jasa pahlawan marilonga, mengobarkan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme anak bangsa dan mempopulerkan marilonga di kalangan generasi muda.


Petrus Wake, Penulis Kisah sejarah perjuangan Marilonga, menyambut baik inisiatif Pemerintah Kabupaten Ende ini.


“Kami menyambut inisiatif ini dan kami menyatakan kesiapan untuk mendukung pentas teater ini dengan menyuplai naskah teater marilonga yang ditulisnya, serta siap menjadi pengarah teater tersebut”, Kata Petrus.


Lebih lanjut Petrus menambahkan bahwa teater Marilonga yang dibinanya dulu pernah beberapa kali ditampilkan baik di Ende dan juga pernah tampil di Kupang ibukota propinsi NTT.


Petrus juga mengatakan bahwa dalam mengaransemen teater Marilonga, dirinya dan para pemain teater terdahulu hanya bertindak sebagai pengarah, selebihnya teater ini akan dihandle oleh Tim Kreatif acara yang terdiri dari unsur muda Kota Ende, dengan terlibatnya anak muda dalam pengerjaan teater ini, dirinya berharap agar kemasannya akan lebih modern sehingga dapat menarik minat anak muda untuk lebih jauh mengenal sosok Marilonga dan bangga memiliki pahlawan Marilonga.

 

DesyNatalia/RRIEnde

Addthis
You are here