.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

DISKOMINFO ENDE MELAKSANAKAN BIMTEK PENGINPUTAN PETA PADA APLIKASI GEOPORTAL

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Ende melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penginputan Peta pada Aplikasi Geoportal Kabupaten Ende, bertempat di ruang pelatihan Kantor Diskominfo, Kompleks Kantor Bupati Ende Jalan Eltari, Ende (3/9/18).


Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Ende, Drs. Dionisius Ali yang mewakili Kepala Dinas Kominfo, mengatakan kepada peserta yang hadir bahwa untuk menyukseskan kebijakan Ende Satu Data maka dibutuhkan komitmen tinggi dan kerja keras dari Tim Ende Satu Data dan berbagai kalangan profesi, baik dari pihak Akademisi maupun dari Organisasi Kemasyarakatan.


Lebih lanjut Dion Ali menyampaikan, aplikasi Geoportal Kabupaten Ende merupakan Portal data resmi milik Pemerintah Kabupaten Ende yang menyediakan katalog , metadata serta layanan GIS berbasis Web dengan alamat http://geoportal.endekab.go.id dimana data dan informasi Geospasial ini disediakan dalam bentuk GIS web service dan dapat ditelusuri keberadaan datanya. Geoportal Kabupaten Ende merupakan salah satu simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) yang menjadi sarana berbagi data (data sharing), publikasi dan disseminasi data.


Tata kelola pemerintahan, kata Dion Ali, memang harus didukung dengan kebijakan menggunakan peta yang baik, karena 80 % pengambilan kebijakan pemerintah memiliki aspek lokasi, seperti penentuan dan pemetaan lokasi sarana kesehatan, pendidikan, fasilitas umum, penanggulangan kemiskinan sehingga menjadi target atau penentuan yang utama.

 

Lanjut Dion Ali, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menindaklanjuti kebijakan Satu Data Satu Peta di Kabupaten Ende.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 3 s/d 4 september, diikuti oleh para administrator dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ende yang tergabung dalam Tim Pengelola Sistem Informasi Ende Satu Data.

 

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan materi penginputan Peta Ende Satu Data yang disampaikan oleh Patrisius Sunda, S.Si, sebagai instruktur Bimtek. Materi yang berisikan tentang pemaparan teknis yaitu pengenalan dan pengantar terkait aplikasi GIS (Geographic Information System), pengolahan data atribut, data spasial dan juga penginputan peta potensi di wilayah Kabupaten Ende diantaranya Peta Pertanian, Peta Peternakan, Peta Perikanan, Peta Perkebunan dan lain-lain.

Valentinanong/DiskominfoEnde

Addthis
You are here