.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KEMANDIRIAN DAERAH HARUS JADI TUJUAN PEMDA

Kemandirian daerah harus menjadi tujuan dari setiap pemerintah daerah termasuk Kabupaten Ende untuk mengurangi ketergantungan terhadap pemerintah pusat.

 

            Pernyataan tegas ini disampaikan Wakil Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad,MM saat membuka kegiatan Rapat Evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tingkat Kabupaten Ende di ruang Rapat Lantai I Kantor Bupati Jln. Eltari Kamis (30/8).

 

            Menurut Wabup Djafar Achmad, sudah saatnya semua komponen masyarakat di wilayah ini memperkuat esensi dan posisi otonomi dalam menopang kapasitas fiskal daerah.

           

            Keadaan perkonomian di Kabupaten Ende yang semakin membaik, demikian wabup Djafar, sudah seharusnya diikuti juga oleh peningkatan PAD setiap tahunnya.

 

            Wabup mengakui,bahwa sampai saat ini pemerintah daerah belum bisa sepenuhnya bersandar dan menitikberatkan pembiayaan pembangunan yang bersumber pada PAD. Kondisi ini sebagai akibat dari belum optimalnya kita mengelola sumber-sumber pendapatan daerah.

 

            Kondisi ini jelas Wabup Djafar, menjadi pekerjaaan besar buat semua komponen masyarakat untuk benar-benar mengoptimalkan sumber-sumber pnerimaan daerah yang tentunya akan mendongkrak PAD.

 

            Lanjut Wabup Djafar, dalam hal peningkatan potensi penerimaan, Pemerintah daerah membutuhkan sinergitas dari semua OPD dan stakeholders, bukan hanya OPD pengelola PAD namun juga OPD pelaksana teknis yang program dan kegiatannya mengacu pada program pemberdayaan masyarakat yang dapat menciptakan peluang-peluang usaha yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat serta adanya potensi-potensi baru yang dapat dijadikan pemerintah sebagai penerimaan daerah karena adanya aktifitas ekonomi masyarakat.           

 

(Humas Ende/ Helen Mei (eln))

Addthis
You are here