.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

JADILAH MASYARAKAT CERDAS MENGGUNAKAN OBAT

altHarus kita akui bersama bahwa masih ada warga masyarakat kita yang belum memahami secara benar bagaimana seharusnya menggunakan obat sesuai anjuran atau petunjuk kesehatan.


Bupati Ende, Ir. Marselinus Y. W. Petu, mengatakan hal tersebut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kornelis Wara,S.Sos, pada Pembukaan kegiatan Sosialisasi GeMA CerMAT,bertempat di Hotel Grand Wisata, Jln. Kelimutu (Kamis,30/8).


Bupati Marsel menegaskan bahwa kegiatan ini tentunya memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Ende agar menggunakan obat sesuai standart yang diterapkan Kementrian Kesehatan, oleh karena itu kegiatan ini menjadi sangat penting bagi semua peserta dan diharapkan nantinya informasi yang didapat dalam kegiatan ini dapat diteruskan atau disebarluaskan bagi masyarakat sekitar.


Lanjut Bupati Marsel, tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dlam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar serta meningkatkan penggunaan obat secara rasional.


“Saya perlu menggarisbawahi bahwa upaya memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat harus terus dilakukan secara terus menerus dan dilaksanakan secara berjenjang dengan melibatkan lintas sektor, mengingat tingkat pemahaman masyarakat kita terhadap penggunaan obat secara benar masih sangat rendah”, kata Bupati Marsel.

alt

Langkah yang diambil dari jajaran Kementrian Kesehatan RI dalam hal ini dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan dalam melaksanakan kegiatan Sosialisasi GeMa CerMAT ini, ungkap Bupati Marsel merupakan langkah yang tepat terutama untuk meminimalisir bahkan menghilangkan secara bertahap kebiasaan atau perilaku masyarakat kita yang tidak benar dan tidak tepat dalam menggunakan obat.


Lebih lanjut lagi Bupati Marsel mengatakan, akhir-akhir ini maraknya penjualan produk-produk obat melalui media online dengan menawarkan keunggulan produk obat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mendapatkannya tanpa menyelidiki apakah obat-obatan tersebut sudah sesuai standart kesehatan atau belum sehingga dengan kegiatan GeMa CerMAT yang merupakan sebuah gerakan tentunya membutuhkan keterlibatan dan sinergitas peran dari semua komponen masyarakat agar apa yang menjadi tujuan dan harapan dari kegiatan ini dapat memberikan hasil yang optimal sampai pada tingkatan dimana masyarakat secara sadar dan mandiri mau menggunakan obat secara tepat dan benar.


Di akhir sambutan ini, Bupati Marsel mengajak kepada semua peserta sosialisasi untuk membangun komitmen bersama mensukseskan GeMa CerMat ini dengan cara ikut menyebarluaskan pengetahuan yang diperoleh terkait cara menggunakan obat yang tepat dan benar sehingga secara bertahap tidak ada lagi masyarakat kita yang salah menggunakan obat sehingga upaya menciptakan perilaku hidup sehat masyarakat dapat terpenuhi.

Valentinanong/DiskominfoEnde

Addthis
You are here