.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

DUKUNGAN WISATA OLAHRAGA DALAM FESTIVAL DANAU KELIMUTU 2018

altDaya pesona Ende harus diperkuat melalui berbagai aktivitas alternatif. Diantaranya adalah melalui kegiatan Trekking yang merupakan alternatif wisata, yang memadukan kegiatan wisata dan olahraga, dengan kecenderungan yang semakin meningkat dalam dekade terakhir ini, hal ini disampaikan oleh Bupati Ende Ir. Marselinus Y.W. Petu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Johanes Vitalis Tote, SH saat membuka Kegiatan Trekking dalam rangkaian Kegiatan Festival Danau Kelimutu 2018 di Parkiran Taman Nasional Kelimutu, Senin (13/8/2018).

 

Menurut Bupati Marsel Kegiatan Utama Pariwisata Kabupaten Ende terletak pada keunikan alam dan budaya. Alam yang indah dan unik perlu dijaga, dirawat dan dilestarikan. Sedangkan budaya adalah semua yang terkait dengan kehidupan orang Ende-Lio termasuk cara hidup, karya dan interaksinya dengan sesama dan alam. Menjaga keseimbangan dan harmonisasi adalah sebuag keharusan, demi berkelanjutan alam, buadaya dan manusia.

Kegiatan Trekking/menjelajahi alam dari ini sebenarnya merupakan proses awal untuk mengenal dan memahami alam secara lebih baik. Dan jalur yang akan ditempuh dengan melawati hutan, lembah, sungai, perkampungan, areal pertanian, perkebunan, persawahan, Arboretum Taman Nasional Kelimutu tentunya memiliki daya pikat dan tantangan tersendiri.

 

Kepada para peserta Bupati Marsel berpesan agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, hindari diri dari kemungkinan yang dapat merusak alam dan lingkungan, dan jaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

 

Kegiatan Trekking ini diikuti oleh 23 Kelompok yang terdaftar dengan total anggota sebanyak 115 orang dengan rute perjalanan start: parkiran/ Arboretum Taman Nasional Kelimutu – Jl. Desa Pemo – Kampung Boti – Kampung Kopobhobhe, Kampung Koposili) – Finish (Sao Ria Wisata Moni). Unsur-unsur penilaian: Kekompakan, kecepatan, kerapian ,Keserasian, Kerjasama Tim, Kepedulian terhadap alam, Tidak merusak Flora dan Fauna , Yel- Yel.

Hasil perlombaan Trekking ini akan diumumkan pada saat pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaatn RI ke 73 di Lapangan Pancasila Ende.

 

Densy Wejor/Diskominfo Kab. Ende

Addthis
You are here