.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

BUPATI MARSEL MELEPAS CALON JAMA’AH HAJI ASAL KABUPATEN ENDE.

Bupati Ende, Ir. Marselinus Y.W.Petu melepas Calon Jama’ah Haji (CJH) sebanyak 64 orang asal Kabupaten Ende, yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1439 Hijriah/2018 Masehi.


Acara pelepasan bertempat di Aula Lt. 2 Kantor Bupati Ende, Jalan. Eltari, Kamis (2/8/2018). Turut dihadiri Wakil Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad,MM, Ketua DPRD Ende, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Ende, Forkompinda Kab. Ende, dan sejumlah kepala SKPD, para alim ulama serta keluarga para jamaah calon haji.


Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bagi umat islam ibadah haji merupakan bentuk ibadah yang dilaksanakan bagi mereka yang merasa mampu baik secara material, fisik dan keilmuan, disamping itu hal yang tidak kalah penting adalah niat suci dari individu setiap umat islam untuk menjalankan ibadah haji.

“menjadi calon jamaah haji sekarang ini tidaklah mudah, melainkan harus masuk daftar tunggu hingga terkadang sampai 17 Tahun, tapi jika 17 tahun itu dipandang atau dijadikan sebagai waktu untuk menjaga dan memelihara niat suci ini, maka semuanya akan dimudahkan dan dapat dijalani oleh para calon Jama’ah haji, kata Bupati Marsel.


Kepada Calon Jama’ah Haji hendaknya dapat memahami hakekat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total, bukan hanya ibadah secara fisik semata tapi juga ibadah bathin, semua bentuk ibadah itu berakhir pada perjanjian kepada Tuhan Pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan sikap yang tidak baik sebelumnya dan juga kepada Calon Jama’ah Haji agar dapat menunjukan kepada Calon Jama’ah Haji lainnya bahwa saudara adalah Jama’ah Calon Haji asal Kabupaten Ende sebagai rahimnya Pancasila, sehingga saudara benar-benar menunjukan jati diri saudara sebagai duta bangsa yang beriman, berbudaya dan berkarakter Indonesia serta Pancasialis, pesan Bupati Marsel.


Perbedaan cuaca di Arab Saudi dan di Kabupaten Ende perbedaanya sangat jauh. Oleh karena itu, harus selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan petugas kesehatan apabila ada hal-hal yang dirasa menganggu kesehatan, kata Bupati Marsel.



Diakhir sambutan Bupati Marsel menyampaikan kepada Jamaah calon Haji untuk mendoakan masyarakat dan daerah Kabupaten Ende tercinta agar selalu diberikan berkat dan kemakmuran serta kesejahteraan dan juga semoga daerah kita dijauhkan dari hal-hal atau kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terutama upaya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memcahbelah persatuan dan kesatuan yang telah dibina selama ini. agar kita semua selalu hidup rukun ditengah perbedaan dan keragaman yang ada.


Valentinanong/DiskominfoEnde

Addthis
You are here