.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PENYAKIT KANKER SERVIKS DAN PAYUDARA PENYUMBANG TERTINGGI ANGKA KEMATIAN

altKesehatan merupakan bagian penting dari kesejahteraan masyarakat karena merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, disamping sandang, pangan, dan papan. Sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat maka ada ungkapan yang menyatakan bahwa sehat itu mahal. Hal itu bisa diartikan kalau kita mengabaikan dan menyepelekan masalah kesehatan diri kita, maka apabila pada saatnya kita terkena penyakit, otomatis akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Hal ini disampaikan oleh Pejabat Sementara (PjS) Bupati Ende Drs.Obaldus Toda, MM dalam sambutan tertulisnya yang  dibacakan asisten Sekda Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Ende, Kornelis Wara, saat membuka kegiatan sosialisasi Kanker Serviks dan Payudara, di Wiswa Emaus Ende, Kamis (07/06).

 

Lebih lanjut PjS Os Toda mengatakan bahwa saat ini penyakit Kanker Serviks dan Payudara merupakan penyumbang tertinggi angka kematian kaum perempuan diantara jenis kanker yang ada. Padahal sesungguhnya Kanker Serviks dan Kanker Payudara ini dapat dicegah dan diobati bila diketemukan pada stadium dini. Namun karena pengetahuan masyarakat terhadap kanker dan upaya pencegahan dan penangulangannya masih minim makanya penyakit Kanker Serviks dan Payudara masih menempati urutan teratas penyumbang kematian kaum perempuan. Untuk itu perlu suatu gerakan yang menyeluruh dan merata guna meningkatkan pemahaman mengenai kanker dan salah satunya melalui kegiatan-kegiatan seperti sosialisasi. Ketidaktahuan masyarakat khususnya kaum perempuan Indonesia termasuk di Kabupaten Ende pada bahaya Kanker Payudara dan Serviks perlu disikapi dengan peningkatan upaya promotif-prefventif, antara lain dengan melaksanakan sosialisasi, advokasi dan edukasi di berbagai elemen masyarakat. Edukasi akan lebih efektif jika dilakukan lebih awal.


Pada kesempatan yang sama PJS Os Toda menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi, kepada Kepalaalt Dinas Kesehatan beserta jajarannya, atas upaya yang telah dilakukan bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya kaum perempuan di wilayah Kabupaten Ende, termasuk kegiatan sosialisasi.


Kepada para peserta sosialisasi PjS Os Toda berharap agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi secara serius dan memanfaatkan momen ini untuk bertanya sebanyak-banyaknya, terkait dengan masalah kanker dan selanjutnya pengetahuan yang diperoleh dibagi dan disebarluaskan kepada sesama kaum perempuan yang tidak ikut sosialisasi ini.


Selain dibuka oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Acara sosialisasi ini dihadiri pula Para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Ende, Pengelola Penyakit Tidak Menular, Bidan Koordinator Puskesmas, Ketua PKK Kecamatan, Kader Psoyandu dan para undangan lainnya.

 

Dus Rangga/Diskominfo Ende

Addthis
You are here