.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KEMENTERIAN KOMINFO FOKUS MEMBANGUN BTS DAN AKSES INTERNET DI KABUPATEN ENDE

 

altKementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kemenkominfo yang sebelumnya bernama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) berencana membangun BTS sebagai pemancar layanan telekomunikasi ditargetkan dapat terbangun sampai di angka 5.000 unit di seluruh wilayah Indonesia khusus di daerah yang masuk kategori 3T, yaitu tertinggal, terdepan dan terluar. Kominfo akan menancapkan BTS tersebut di area yang tidak dimasuki operator seluler karena faktor bisnis.

 

Kabupaten Ende merupakan salah satu kabupaten di Propinsi NTT yang menerima bantuan pembangunan BTS dan Layanan akses internet VSAT. Sejak Tahun 2016 terdapat 5 kecamatan yang telah memperoleh akses internet dengan VSAT diantaranya kecamatan Ndona, Maurole, Nangapanda dan Wolowaru. Untuk Tahun 2018 akan dibangun 5 BTS dan 5 akses internet VSAT dan untuk lokasinya sedang dalam usulan rencana ke BAKTI oleh Bidang TIK Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Ende. Pembanguan akses internet ini disediakan untuk tempat pelayanan umum seperti puskesmas dan sekolah-sekolah. Lokasi penerima bantuan BTS diprioritas daerah yang masuk dalam kategori blank spot.

 alt

Untuk mendukung rencana di maksud oleh Kementrian Kominfo melalui BAKTI telah melakukan Sosialisasi melalui Forum Group Diskusi (FGD) Rencana Strategis Pembangunan Base Tranceiver Station (BTS) dan Layanan Akses Internet di Kabupaten Ende bertempat di Lantai 2 Kantor Bupati, Sabtu (2/6/2018) yang dibuka oleh Pjs Bupati Ende Obaldus Toda dan menghadirkan Bapak Andreas Hugo Pareira dari Komisi I DPR yang merupakan mitra Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

 

Dalam sambutannya Andreas Hugo menyampaikan agar pemerintah daerah mensuport terkait pembebasan lahan untuk mendukung pelaksanaan pembangunan BTS ini.

 

Pada Kesempatan ini juga dilakukan pemberian bantuan 10 buah Laptop masing-masing 5 buah laptop kepada SMAN 1 Wolowaru dan 5 laptop lainnya kepada SMPN 1 Nangapanda oleh Iforte sebagai mitra dari BAKTI.

Kegiatan yang dimeriahkan oleh tarian penyambutan dan acara hiburan dari SMPN 1 Nangapanda di hadiri oleh para Kepala Desa, Camat dan Perwakilan dari Puskesmas - puskesmas.

Densy Wejor/Diskominfo Kab. Ende

Addthis
You are here