.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

WABUP DJAFAR RESMIKAN SARANA AIR MINUM DI DILE

altWakil Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad,MM meresmikan penggunaan sarana air bersih Program PAMSIMAS di Desa Dile – Kecamatan Detusoko, Jumat (09/02).

 

 

Pada kesempatan menyampaikan sambutannya, Bupati Wabup Djafar Achmad menyampaikan terima kasih kepada Dinas terkait dalam hal ini Kementerian PU khususnya Bidang Cipta Karya dengan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kabupaten Ende dan pihak-pihak terkait yang telah memfasilitasi pelaksanaan porgram ini di Desa Dile hingga diresmikan.

 

 

Menurut Wabup Djafar bahwa kebutuhan air minum bersih merupakan kebutuhan vital masyarakat, yang pemenuhannya sudah tentu menjadi keharusan. “Saya bersama Bupati Marsel Petu secara bertahap memprioritaskan pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat. Kami beri apresiasi kepada masyarakat Dile karena sudah mendukung Program PAMSIMAS sejak awal program ini hadir sampai hari ini, kita sama-sama saksikan berupa peresmian sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat”, ujar Wabup Djafar.

 

 

Lebih lanjut Wabub Djafar mengingatkan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam setiap proses pembangunan, mengingat pada beberapa wilayah program pemerintah berupa penyediaan sarana/prasarana terhambat karena adanya persoalan pada masyarakat sendiri, terutama klaim atas kepemilikan tanah khususnya yang akan dilewati jalur air minum. Kondisi seperti ini apabila terus terjadi maka masyarakat sendiri akan mengalami kerugian. “Perlu saya sampaikan bahwa berhasil tidaknya program pembangunan di suatu wilayah termasuk di desa, sangat tergantung dari keterlibatan dan dukungan masyarakat. Karena sehebat dan sebagus apapun program pemerintah, selama masyarakat tidak mendukung maka semua program akan sia-sia”, tegas Wabub Djafar.alt

 

 

Di depan  para tokoh masyarakat dan undangan serta masyarakat Dile yang hadir pada acara peresmian ini, Wabub Djafar juga membeberkan beberapa program dan agenda kerja pembangunan di tahun 2018, seperti lanjutan pembangunan ruas jalan Paralel (menghubungkan antara kecamatan Nangapanda - Maukaro, Ende - Maukaro, Detukeli - Maurole, Kelimutu - Lepembusu Kelisoke - Kotabartu, Lio Timur - Lepembusu Kelisoke - Kotabaru); Lanjutan Pembukaan Jalan Lokoboko-Kilo 10, Jembatan Ratesuba, Peningkatan Jalan Saga-Puutga, Peningkatan jalan Watuneso-Detupera, Peningkatan jalan Watumite-Nangapanda, Lanjutan Peningkatan Jalan Wolowaru-Nggela, Peningkatan Jalan Kotabaru-Hangalande dan peningkatan jalan dalam kota. Mengingat dengan semakin meningkatnya armada laut baik kapal barang mapun penumpang, makan saat ini sementara dilaksanakan pembangunan terminal tunggu penumpang di Pelabuhan Bung Karno dan Pelabuhan Ipi dengan kapasitas dan fasilitas yang memadai. Di Sektor kesehatan sementara dikerjakan pembangunan Rumah Sakit Pratama untuk melayani masyarakat di wilayah utara, selain itu renovasi pasar dalam kota dan di wilayah kecamatan juga menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten Ende saat ini.

 

 

Rangkaian acara peresmian sarana air minum di Desa Dile Kecamatan Detusoko oleh Wakil Bupati Ende dihadiri oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat Detusoko beserta Lurah dan Para Kepala Desa se-Kecamatan Detusoko, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat dile pada umumnya.

 

 

Dus Rangga/DiskominfoKabEnde

Addthis
You are here