.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KEHADIRAN SARANA AIR MINUM BERSIH MERUPAKAN ANUGERAH BUAT DESA MANULONDO

altBupati Ende Ir. Marselinus Y. W. Petu meresmikan penggunaan sarana air minum bersih di Desa Manulondo Kecamatan Ndona, Rabu (24/01). Acara peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan kran air disaksikan masyarakat Desa Manulando dan para Undangan yang hadir.

 

Camat Ndona, Drs. Yohanes Rikardus Demu, saat menyampaikan sambutan mengatakan pengadaan sarana air bersih di Desa Manulondo merupakan bagian dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Tahun Anggaran 2017. Sarana air minum bersih ini sudah dimanfaatkan oleh sejak bulan Desember 2017 oleh masyarakat dari empat Dusun yg ada di Desa Manulondo dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 104 KK dan JUMLAH jiwa sebanyak 525 jiwa. Jumlah total dana untuk menyelesaikan pekerjaan ini sebesar 379.583.500 rupiah, yang berasal dari dukungan dana APBN, APBDes Manulondo, dan swadaya masyarakat, dengan masa kerja sebanyak 120 hari.


Pada kesempatan menyampaikan sambutannya, Bupati Ende, Ir. Marselinus Y.W. Petu mengungkapkan rasa syukurnya  dan menyampaikan terima kasih kepada dinas terkait dalam hal ini Kementerian PU khususnya Bidang Cipta Karya dengan program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan pihak-pihak terkait yang telah memfasilitasi pelaksanaan program ini.


“Peristiwa peresmian  sarana air minum bersih ini menjadi anugerah tersendiri dari Tuhan yang Maha Kuasa bagi masyarakat Manulondo di awal tahun 2018.  Ini menjadi bukti nyata saya bersama Wakil Bupati untuk membawa perubahan bagi masyarakat di wilayah ini. Karena salah satu program penunjang prioritas kami adalah pembangunan air minum, selain jalan dan listrik. Kebanggaan saya dan wakil bupati adalah ketika masyarakat merasakan adanya suatu perubahan. Kami berharap fasilitas yang ada harus sungguh-sungguh menjadi milik masyarakat dan masyarakat merasa memiliki”, ujar Bupati Marsel.


Menurut Bupati Marsel bahwa kebutuhan air minum bersih dan tersedianya sarana ksehatan merupakan kebutuhan vital masyarakatalt, maka pemenuhannya sudah tentu menjadi sebuah keharusan, sembari berharap  dan mengajak masyarakat untuk mengambil bagian dalam kegiatan pembangunan hingga ketika masyarakat telah terlibat dan telah merasa menjadi bagian dari pembangunan maka program pembangunan akan berjalan dengan baik yang tentunya akan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat itu sendiri.


Lebih lanjut Bupati Marsel menegaskan bahwa untuk menjawabi kepercayaan masyarakat maka harus dibuktikan dengan berupaya membawa perubahan bagi masyarakat. “Kami yakini selama ini kami tulus memperjuangkan kepentingan masyarakat, apapun rintangan akan dapat kami atasi. Berbagai terobosan dan lobi-lobi kami lakukan untuk mendapatkan anggaran sebanyak-banyaknya guna membiayai pembangunan di wilayah ini, “Jelas Bupati Marsel.


Rangkaian acara peresmian sarana air minum di Desa manulondo Kecamatan Ndona ini diisi dengan acara serah terima, dialog Bupati dengan Warga Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Manulondo dan diakhri dengan ramah tamah bersama. Selain Bupati Ende dan Camat Ndona, acara ini dihadiri pula Asisten 1 dan 3 Sekda Kab. Ende, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kab. Ende, Danramil Ende, Kapolsek Ndona, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Ndona,  Kepala Desa Manulondo, Para Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Ndona, Tokoh Adat, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat Desa Manulondo pada umumnya.

 

Dus Rangga/DiskominfoKabEnde

Foto : Hans Grama

Addthis
You are here