.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KARAKTER PENDIDIKAN DIBENTUK SEJAK PENDIDIKAN DASAR

altKita harus taat pada karakter pendidikan kita, kita letakan roh karakter pendidikan tersebut, sejak pendidikan dasar, sejak masih di PAUD, TK, SD, SLTP dan seterusnya.

Hal ini disampaikan Bupati Ir. Marselinus Y.W Petu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Djafar Achmad saat membuka Pelatihan Guru PAUD, TK dan PLB Se-Kabupaten Ende di Aula Hotel Flores Mandiri Jl. Melati (Selasa, 23/1).


Menurut Bupati Marsel Petu untuk mewujudkan semua itu, ada beberapa komponen penting yang harus di perhatikan oleh pemerintah saat ini adalah mereka para guru dan gedung sekolah, ruang sekolah, lembaga pendidikan. Dua hal ini harus memiliki keseimbangan, kalau tidak akan terjadi kepincangan dalam pelaksanaa dunia pendidikan.


Lanjut Bupati Marsel bangun gedung bagus, tapi anak didik tidak sehat , pakaian tidak sehat, guru sebagai tenaga pendidikan tidak ada, bagaimana kita bisa menggapai karakter pendidikan kita.


Maka, dasar pemikiran bagaimana meningkatkan mutu pendidikan dan peningkatan kualitas SDM daerah kita ini, walaupun bantuan investasi didaerah ini butuh waktu yang lama, kita butuh keberanian dan kemauan tinggi untuk membuat perubahan, dengan menyeimbangkan antara penghasilan dan tunjungan guru untuk memiliki keterpanggilan dengan baik menjadi tenaga pendidik.


Untuk diketahui, di Tahun 2018 kepada para guru, PAUD, TK, SD, non PNS yang memenuhi syarat utama prinsip sebagai seorang guru, yang ada di daerah pedalaman dan terpencil, terisolir, segera Dinas Pendidikan dan jajaran untuk segera mendata semuanya dan segera menjabarkannya sesuai aturan dan sebagai guru komite sekolah, Tahun 2018, Marsel –Djafar mengambil sebuah kebijakan untuk Non PNS dan Guru Komite akan dibiayai setiap bulan sebesar Rp. 1.500.000.


Kebijakan ini bukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, kebijakan ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan supaya kualitas SDM anak-anak kita semakin baik, guna mewujudkan kharakter Ngaisia Rede –bara, sebagai jawaban  VISI-MISI dari program Marsel Djafar.


Pada kesempatan ini Bupati Marsel menyampaikan terima kasih kepada pihak Pertamina yang sudah mensponsori kegiatan ini,  kepada para narasumber dan pelatih dari CDFT (Creativity Day For Teacher) dan kepada para peserta Bupati Marsel mengharapkan untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini secara baik dan tekun, supaya ilmu yang para peserta dapatkan, bisa diaplikasi kepada anak didik generasi muda secara baik, sehingga bisa menghasilkan anak didik yang berkharakter Ngasia Rede-Bara (pintar otaknya – bijaksana hatinya).

 

Densy/DiskominfoKabEnde

Foto : Hans Grama

Addthis
You are here