.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PENDIDIKAN BERHASIL BILA MELAHIRKAN INDIVIDU YANG BERKUALITAS DAN BERKARAKTER

altBerbicara tentang pendidikan, artinya kita bicara tentang sebuah proses. Karena harus dipahami bersama bahwa guna mencapai sebuah pendidikan yang berkualitas maka dibutuhkan proses panjang dn dilakukan secara terencana dan terkoordinasi. Pendidikan baru dikatakan berhasil apabila melahirkan individu-individu yang berkualitas dan berkarakter yang dihasilkan melalui proses. Kita tidak bicara mengenai kuantitas tetapi kualitas yang dihasilkan dari proses pendidikan.

Bupati Ende, Ir. Marselinus Y. W. Petu menyampaikan hal ini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas P dan K Kabupaten Ende, Petrus Guido No, SH pada kegiatan Pembukaan Bantuan Pengembangan SMK Berbasis Industri  di Aula SMK Negeri 2 Ende, Jln. Anggrek, Jumat (15/12).

 

Bupati Marsel menegaskan bahwa tuntutan pendidikan saat ini sangat berbeda dengan beberapa dekade lalu. Perubahan terjadi begitu cepat dan menuntut setiap komponen pendidikan untuk bisa menyesuaikan diri. Tuntutan dan lompatan perubahan ini yang akan berpengaruh pada cara hidup, cara bekerja dan tentu juga cara belajar. Salah satu dukungan yang perlu diberikan kepada anak-anak kita adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan anak-anak jaman ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

 

Menyikapi ini jelas Bupati Marsel Petu, anak-anak membutuhkan kompetensi kemampuan kreatifitas, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi, sehingga mereka tidak menjadi penonton, tetapi justru mereka harus menjadi pelaku utama menguasai keterampilan di tengah persaingan dunia yang semakin kompetitif.

 

Diakhir sambutan tertulisnya tersebut, Bupati Marsel mengharapkan kegiatan ini menjadi altprogram yang berkelanjutan. Pihak sekolah harus memperluas akses bagi industri dengan memberikan praktik, belajar kerja dan bantuan yang lebih konkrit kepada peserta didik, sehingga sedini mungkin mempersiapkan anak-anak yang handal dan professional, agar kelak mampu bersaing di dunia kerja sesungguhnya.


Acara Kegiatan Bantuan Pengembangan SMK Berbasis Industri di SMK Negeri 2 ini dihadiri oleh Kepala Dinas P dan K Kab. Ende, beberapa perwakilan OPD, Anggota DPRD Kab. Ende, Kepala Sekolah, guru dan siswa/i SMK Negeri 2 Ende, yang diisi dengan kegiatan ekspose produk furniture hasil karya siswa/i SMK 2 Ende.



Dus Rangga/DiskominfoKabEnde

Foto : Hans Grama








Addthis
You are here