.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

WABUP DJAFAR CANANGKAN GERMAS

Wakil Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad, MM mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kabupaten Ende.

 

Pencanangan GERMAS ini dilakukan Wabup Djafar Achmad, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 53 Tingkat Kabupaten Ende di Kecamatan Lio Timur Sabtu (25/11) ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

 

Pada kesempatan itu Wabup Djafar membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp. N (k) yang antara lain mengatakan, Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup sehat. Oleh karena itu masyarakat perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat mulai dari lingkungan.

 

Menurut Menkes Moeloek Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Program ini juga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan, baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Secara berkesinbungan dengan target keluarga.

 

Disamping itu pembangunan kesehatan juga menurut Menkes, perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan Program Kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

 

Menkes berharap kepada tenaga kesehatan mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih sehat melalui pendekatan keluarga.

 

Pada kesempatan tersebut Wabup Djafar Achmad menyerahkan bantuan genset kepada Paroki Maria Diangkat ke Surga yang diterima Pastor Kapelan RD. Frans Tena Siu dan bantuan mobil ambulance kepada Puskesmas Watuneso, puskesmas Roga, puskesmas Kotaratu dan Puskesmas Kotabaru.

 

 

HelenMei/HumasEnde

Addthis
You are here