.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

SENI HARUS MEMILIKI KARAKTER

Seni dalam sebuah daerah harus memiliki karakter karena itu merupakan jati diri suatu daerah dalam mempertahankan suatu kesenian di daerah tersebut. Oleh karena itu generasi muda khususnya masyarakat Kabupaten Ende harus mempertahankan seni dan budaya daerah sendiri. Hal ini dikatakan Bupati Marsel Petu pada saat kegiatan Talk Show Festival Seni Flores, dalam rangka memperingati HUT Sumpah Pemuda, Senin (30/10/2017) di Taman Renungan Bung Karno, Jalan Soekarno, Kota Ende.

 

“Seni sangat penting bagi suatu daerah, karena dengan seni kita memiliki karakter dalam mempertahankan jati diri bagi suatu daerah, untuk itu saya mengharapkan kepada masyarakat agar tetap mempertahankan seni dan budaya di daerah kita,”katanya.


Selain itu, Bupati Marsel juga mengharapkan kepada generasi muda atau masyarakat Kabupaten Ende harus bisa mengekspresikan seni tersebut dengan baik, yaitu seni yang memiki budaya, seni yang memiliki peradaban dan seni yang berdasarkat adat istiadat.


Sementara itu budayawan tanah air, Butet Kartaredjasa menyoroti kata seni sebagai seluruh ungkapan kita dalam cita rasa pada artistik, rasa seni sumbernya ada pada pikiran.Seni masih bersifat spekulatif dan diartikulasikan atau dinyatakan dalam pikiran kita tentang sesuatu tapi diungkapan dalam cita rasa artistik. 

 

Seniman Ivan Nestroman mengatakan bahwa seni merupakan produk dari kebudayaanya. Seni tidak bisa dibedakan dari kebudayaannya karena manifestasi dari kebudayaan itu, dalam produk yang namanya berkesenian.


“Seni memiliki rasa keindahan.  Jadi orang yang berkesenian itu tujuannya untuk kebaikan komunitas. Kalau kita berkesenian ada  3 hal penting antara lain unity, kompleksitas (motif – motif khas yang berbeda), dan intensitasnya (kesenian itu harus menonjol dan berbeda dengan orang lain),”ujarnya.


Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT, Melki Laka Lena mengatakan seni adalah soal rasa. Bung karno merupakan salah satu tokoh yang memiliki rasa kesenian tinggi dan hal ini bisa dibuktikan dengan cara Bung Karno menggerakkan masyarakat untuk merdeka melalui seni dan budaya yaitu melalui fragmen yang ada di Kabupaten Ende dan ini merupakan wujud pendekatannya kepada masyarakat melalui berkesenian.

 

(ria humas ende).

Addthis
You are here