.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

ENDE MEMILIKI ANGKA KESAKITAN MALARIA TERTINGGI DI FLORES

Sesuai Data Dinas Kesehatan Propinsi NTT Kabupaten Ende  saat ini memiliki angka kesakitan malaria tertinggi di Daratan Flores. Hal ini dikatakan oleh Bupati Ende Ir Marsel Petu, dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ende, Dr. dr. Agustinus G Ngasu, M.Kes saat membuka kegiatan Sosialisasi Eliminasi Penyakit Malaria, Selasa (31/10/2017) di Aula Hotel Satar Mese, Kota Ende.

 

Dikatakan Kemenkes RI telah berkomitmen untuk eliminasi malaria secara bertahap sejak tahun 2010 – 2030. Khusus NTT sendiri melalui peraturan Gubernur nomor 11 tahun 2016. Sudah ada komitmen bahwa NTT akan eliminasi malaria pada tahun 2023. Untuk itu dibutuhkan pelayanan yang berkualitas dan terintegrasi dengan program layanan lainnya untuk mencapai eliminasi malaria tahun 2023. 

 

Kondisi masih tingginya angka kesakitan malaria di Kabupaten Ende menjadi PR dan tugas bersama untuk secara bersama melalui kolaborasi peran agar mulai mencoba secara bertahap mengatasi penyakit malaria.

 

Dijelaskan bahwa penyebab utama masih tingginya angka kesakitan malaria dan meningkatnya beban TB di Kabupaten Ende saat ini adalah belum optimalnya pelaksanaan program TB dan malaria dan belum memadainya tatalaksana kasus TB dan malaria yang terstandar serta masih lemahnya keterlibatan lintas sektor dan lintas program serta kurangnya akses masyarakat akan pelayanan kesehatan (daerah yang terpencil) dan faktor sosial ekonomi. 


Terkait dengan permasalahan tersebut pemerintah mengharapkan sinergisitas antar semua pihak dalam upaya penanggulangan penyakit TB dan malaria dalam rangka mencapai tujuan bersama, menuju NTT bebas malaria tahun 2023 dan bebas tb tahun 2035.


Bentuk dukungan itu harapan kami bukan saja melalui kehadiran kita saat ini tetapi kami sangat membutuhkan komitmen bersama yang akan dituangkan dalam sebuah kesepakatan bersama baik itu pelayanan kesehatan di fasititas kesehatan, kebijakan-kebijakan strategis, sampai dengan pendanaan program. Kami yakin dengan komitmen yang kita bangun itu tujuan eliminasi malaria dan TB akan tercapai.

 

 

(ria humas ende)

Addthis
You are here