.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

POS SIAGA SAR PERTAMA DI ENDE

Kantor Pos Siaga Search And Rescue (SAR) yang bertugas untuk melakukan pencarian pertolongan dan penyelamatan terhadap keadaan darurat yang dialami baik manusia maupun harta benda yang berharga lainnya Untuk pertama kali berada di Kabupaten Ende.


Keberadaan Pos SAR ini merupakan hasil koordinasi Wakil Bupati Ende H.Djafar H. Achmad,MM dan dukungan dari anggota Komisi V DPR RI, Sharul Pua Sawa.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende, Albertus M. Yani mengatakan ini saat dikonfirmasi terkait Keberadaan Pos Siaga SAR Kabupaten Ende pada kunjungan kerjanya di Pos Siaga SAR Ende di kompleks Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Ende jln Iya. Senin (9/10).


Sesuai komunikasi dengan Kepala SAR NTT di Kupang,lanjut Albert Yani, bahwa akan ada peningkatan status Pos Siaga SAR Ende ke Pos SAR, jika beberapa persyaratan sudah terpenuhi, seperti mempunyai lahan/tanah seluas 500 are di tahun 2018 maka di tahun 2019 akan dialihkan status ke Pos SAR Ende maka Pemerintah akan berupaya untuk mendapat lahan atau tanah dimaksud.


Menurut Albert Yani keberadaan Pos Siaga SAR ini sangat dibutuhkan karena hampir setiap tahun korban yang paling banyak meninggal itu akibat kecelakaan laut sesuai dengan data yang ada di BPBD kab. Ende, atas dasar ini Pemerintah berupaya semaksimal mungkin dalam hal ini Bapak Bupati dan Wakil Bupati Ende untuk mendatangkan Pos SAR di Ende.


Kepada masyarakat Kabupaten Ende, Albert Yani menambahkan, tidak perlu gelisah dan kuatir, manakala ada kejadian akan ditangani sesegara mungkin, karena selama ini penanggulangan bencana dibantu oleh Tim SAR Maumere. Berhubung jangkauan yang jauh terkadang Tim SAR sudah tiba di Lokasi Bencana tapi sudah jatuh korban. Tetapi harus diakui lanjut Albert Yani, Tim SAR dari Maumere cukup maksimal dari respon yang selalu ditanggapi dengan cepat, bukan berarti Tim SAR di Ende, kalaupun ada kejadian luar biasa tetap meminta bantuan dari Tim SAR Maumere.


"selama ini kalau ada kejadian kecelakaan dan bencana di Ende kami minta bantuan Tim SAR dari Maumere, respon atau tanggapan dari Tim SAR Maumere sangat cepat tapi terkendala jangkauan yang jauh maka sering terlambat untuk pertolongan dan penanganan kepada para korban kecelakaan dan juga bencanaā€¯, kata Albert Yani.


Kepada Tim SAR yang ada di Kabupaten Ende, Albert Yani mengajak untuk lebih proaktif mensosialisasikan keberadaan Pos Siaga SAR kepada seluruh jajaran atau pimpinan OPD serta para Camat dan Lurah terutama yang bersentuhan langsung dengan BPBD Kab. Ende.


Pada kesempatan yang sama, Hamka Latif mewakili Abdul Azis Sumbi, Koordinator Pos Siaga SAR Kabupaten Ende menyampaikan, dengan keberadaan anggota yang saat ini hanya 4 anggota, 1 anggota pos dan 3 anggota rescue, akan siap bekerja semaksimal mungkin untuk membantu penanggulangan terhadap bencana di Kabupaten Ende tercinta didukung dengan sarana laut raberboot 40 dan mesin 40 Peka 1 set dan sarana darat peralatan mountenering 1 set, untuk memperlancar kegiatan dibantu 1 mobil dimas carry dan 1 Motor Trail.


Kedepan, Hamka Latif menambahkan, Tim Pos Siaga SAR Kabupaten Ende selain giat mensosialisasikan keberadaan Pos Siaga kepada seluruh pimpinan OPD maupun masyarakat juga akan melakukan Program BASARNAS Go To School.


Valentinanong/DiskominfoEnde

Addthis
You are here