.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KESGA MENJADI FONDASI UTAMA BAGI KESEHATAN SECARA MENYELURUH.

altMencermati masalah kesehatan khususnya kesehatan ibu dan anak di wilayah Kabupaten Ende, maka sudah semestinya kita menaruh perhatian serius mengatasi berbagai persoalan kesehatan ibu dan anak, mengingat anak sebagai generasi penerus bangsa maka peranan seorang ibu sangat perlu dalam menjaga kesehatan dirinya, anak dan keluarga sehingga Kesehatan Keluarga (Kesga) menjadi fondasi dan dasar utama yang sangat penting untuk kesehatan secara menyeluruh.


Hal ini disampaikan oleh Bupati Ende, Ir. Marselinus Y.W Petu dalam sambutannya pada acara Pembukaan Sosialisasi Program Kesehatan Keluarga Tingkat Kabupaten Ende,bertempat di Aula RM. Cita Rasa, jalan Kelimutu Ende, Kamis (15/06).


Bupati Marsel menambahkan, apa yang menjadi misi dan sasaran di bidang kesehatan, maka saya bersama Wakil Bupati, H. Djafar H. Achmad terus melakukan upaya-upaya meminimalisir persoalan kesehatan diwilayah ini khususnya masalah kesehatan ibu dan anak dengan memperbaiki infrastruktur yang ada dan juga pemenuhan tenaga medis, sehingga khususnya ibu dan anak dapat menikmati fasilitas layanan kesehatan yang memadai.


Perempuan khususnya seorang ibu, lanjut Bupati Marsel, memainkan peranan sangat penting dalam menciptakan keluiarga yang berkualitas, dimana salah satu aspek yang mendukung keluarga berkualitas adalah kondisi kesehatan keluarga sehingga peranan perempuan dalam hal ini seorang ibu menjadi sangat penting dan menjadi ujung tombak dalam peningkatan kesehatan keluarga dan masyarakat khususnya pembangunan kesehatan masyarakat yang bersifat menaikan derajat kesehatan bayi dan anak.


alt

Kepada para peserta kegiatan sosialisai ini Bupati Marsel mengharapkan kemauan baik untuk membangun komitmen bersama mewujudkan masyarakat Ende khususnya ibu dan anak yang sehat, karena apabila menginginkan kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Ende meningkat, maka hal yang penting diperhatikan adalah kesehatan ibu dan anak, mengingat mereka adalah penyangga kesehatan masyarakat secara keseluruhan.


Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas kesehatan Kabupaten Ende, Ibu Rusmaidah, SST selaku ketua panitia saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui pendekatan keluarga sehingga seluruh ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi balita mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar, peningkatan pemanfaatan sarana pelayanan kesehatan oleh masyarakat, peningkatan deteksi dini resiko tinggi ibu hamil baik oleh tenaga kesehatan maupun oleh kader dan dukun, peningkatan partisipasi mayarakat di posyandu serta adanya keterlibatan lintas sektor.

 

(Valentina Nong/Diskominfo)             

Addthis
You are here