.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

NILAI – NILAI LUHUR PANCASILA PERSATUKAN BANGSA INDONESIA

altNilai – nilai luhur pancasila telah mempersatukan bangsa Indonesia dengan berbagai keberagamannya baik adat, budaya maupun agama, sehingga sampai saat ini Negara Indonesia tetap kokoh berdiri dan terhindar dari berbagai ancaman dan rongrongan dari pihak yang ingin menghancurkan dan memecah belah persatuan yang telah terbina selama ini. Hal ini dikatakan Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen Teguh Muji Angkasa, S.E,MM dalam sambutannya pada saat malam renungan suci memperingati Hari Lahir Pancasila, Rabu (31/5/2017) di Taman Renungan Bung Karno, Kota Ende.


alt

Dikatakan, upacara malam renungan suci bertujuan untuk mengenang dan merenung kembali apa yang pernah dipersembahkan Bung Karno bagi Kemerdekaan Republik Indonesia. “Dari tempat inilah, dibawah pohon sukun ini, Bung Karno mendapatkan ilham tentang butir-butir Pancasila yang menjadi Dasar Republik Indonesia,”katanya.

 

Tambahnya, telah tertulis dengan tinta emas bahwa tanah Ende telah memberikan sumbangan terbesar bagi bangsa, karena dari tanah Ende sang Bapak Bangsa Bung Karno, telah mendapatkan ilham tentang butir-butir pancasila yang menjadi ideologi bangsa.


Terkait dengan renungan suci, Brigjen Teguh Muji mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Bapak Bangsa Bung Karno, yang telah menemukan butir-butir pancasila sehingga terinspirasi setelah melihat secara langsung, cara tradisi dan pola hidup msyarakat Kabupaten Ende walau dalam keberag
altaman agama, suku dan ras tetap menunjukkan kerukunan dan toleransi.

 

Dikatakan, nilai – nilai kerukunan dan toleransi harus tetap dijaga sehingga siapapun yang ingin mengadu domba dan memecah belah kerukunan dan persatuan yang telah terbina selama ini tidak akan terlaksana. “ Untuk itu sekali lagi saya sangat mengharapkan kita selalu menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah kita masing-masing,”katanya

Selain itu, lanjutnya bahwa renungan suci ini juga menanamkan nilai – nilai pancasila pada diri kita sebagai anak bangsa agar nilai – nilai luhur pancasila dapat menyatu dan mengkristal dalam jiwa dan raga kita dan terus mengumandangkan Saya Indonesia, Saya Pancasila.

 

(ria humas Ende)

 

Addthis
You are here